Buku Ajar Pengembangan Pembelajaran Pkn Di Sekolah Dasar
Abstract
Alhamdulillahirabbil'aalamin, Kalimat ini lah ungkapan puji syukur kehadirat Allah SWT Yang Maha pengasih dan penyayang. Kiranya tanpa karunia-nya, mustahil naskah buku “Pengembangan Pembelajaran PKn di SD” ini dapat terselesaikan tepat waktu. Latar belakang dari penyusunan buku ini adalah sebuah pemikiran bahwa PKn adalah sebuah mata pelajaran yang kelak akan menjadi sebuah pionir utama dalam upaya menerapkan sebuah perilaku berkarakter kepada siswa SD sehingga para guru maupun calon guru diharapkan memiliki sebuah kemampuan dalam melakukan sebuah inovasi dan strategi guna mengembangkan pembelajaran pada mata pelajaran PKn di sekolah dasar. Pada saat ini kita sudah memasuki era digital di mana siswa sudah memiliki sebuah dunia yang berbeda dengan generasi siswa sebelumnya maka dari itu lah diperlukan sebuah kemampuan baru yang harus diajarkan kepada mahasiswa
semester 5 untuk melengkapi skillnya guna memperkuat kemampuannya mahasiswa sebagai calon guru sekolah dasar. Hal yang baru telah menunggu para calon guru SD, tantangan baru terhadap kurikulum yang baru yaitu kurikulum 2013, di mana calon guru ataupun guru harus memiliki kreativitas
untuk melakukan pengembangan terhadap model pembelajaran, maupun strategi dalam manajemen kelas di Sekolah Dasar.
Downloads
Metrics
References
Abidin, Yunus. 2016. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.
Akhmad Sudrajat.2009.Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Althof, W and Berkowits, MW. (2006). “Moral Education and Character Education: Tear Realationship and Roles in Citizenship Education”. Journal o Moral Education.
Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Cogan, John J. 1998. Citizenship for The 21st Century: An International Perspective on Education. London: Creative Print and Design, Wales.
Djamarah, S. danZain, A. 2010.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RinekaCipta
Faizah, Hadi., P. Sudharto P., dan Syafrudin. 2015. “Pengelolaan Sampah Rumah Tang ga Berbasis Mayarakat (Studi Kasus di Kota Yogyakarta)”, dalam http://eprints.undip.ac.id/17210/.
Hamalik, Oemar.2009.Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem.Jakarta:PT Bumi Aksara.
Hamdani.2011. Strategi Belajar Mengajar.Bandung : Pustaka Setia.
Ibrahim Syukur Abd dan Wahyuni Sri. 2013. Perencanaan Pembelajaran Bahasa Berkarakter. Bandung : PT Refika Aditama.
Jihad, Asep dan Suyanto. 2015. Menjadi guru professional. Jakarta: Erlangga
Jurnal Penelitian dengan judul Membangun Karakter Siswa Melalui Kegiatan Intrakurikuler, Ekstrakurikuler, dan Hidden Curriculum oleh Prawidya Lestari dan Sukanti STAINU Purworejo, Jawa Tengah dalam http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/jurnalPenelitian/article/view/1367 diakses pada Senin, 2 Oktober 2017 pukul 13.09 WIB.
Lestari, Prawidya. 2016. Membangun Karakter Siswa Melalui Kegiatan Intrakurikuler, Ekstrakurikuler dan Hidden Curriculum (di SD Budi Mulia Dua Pandeandari Yogyakarta). Purworejo: Jurnal Penelitian Vol. 10 No. 1, Februari 2016.
Maliki. 2016. Bimmbingan Konseling Di Sekolah Dasar Sautu Pendekatan Imajinatif. Mataram : Kencana.
Musfiqon dan Nurdyansyah. 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Musfiqon. 2015. Mendesain Sekolah Unggul. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Nana Sudjana.2010.Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung: Sinar Baru, Al-Gensindo.
Neill, James. 2004. A Socio-cultural History of Outdoor Education. http://wilder dom.html
Neill, James. 2006. C:Documents and SettingsWindowz XPMy DocumentsPhilosophyofoutdoorEducation.htmCom/psych oevolutionary/SocioCulturalHistoryOutdoor Education.html.
NK, Roestiyah. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara
Noor, Rohinah M. 2012. The Hidden Curriculum. Yogyakarta: Insan Madani.
Nunu Mahnun.2012.Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dsn Implementasinya dalam Pembelajarannya).Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau.
Pusat Kurikulum. 2009. Pengembangan dan Pendidikan Budaya & Karakter Bangsa. Jakarta : Puskur.
Republik Indonesia. 2003. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Fungsi Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.
Rohiat. 2010. Manajemen Sekolah: Teori dan Praktik. Bandung: Refika Aditama.
Rumiati. Penyusunan Silabus Dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Serta Pengaplikasian Keterampilan Dasar Belajar Mengajar Dalam Pembelajaran Pkn Di SD.
Sagala,S. 2010.Konsep dan Makna Pembelajaran.Bandung: Alfabeta
Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung : PT. Remaja Rosda karya.
Samiawan Conny. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses : Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta : Gramedia.
Santrock John W. . 2012. Psikologi Pendidikan / Educational Psychology. Jakarta : Salemba Humanika.
Sapriati, amalia. 2008. Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Sopiatin, Popi. 2010. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sudjana, N dan Rivai, A. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Sudjana, Nana.2009.Penilain Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaj Rosdakarya.
Suryadi, Ace. 2009. Paradigma Pembangunan Pendidikan Nasional: Konsep, Teori dan Aplikasi dalam Analisis Kebijakan Publik. Bandung: Widya Aksara Press.
Syaiful, Sagala. 2012. Supervisi Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Tarwiyah,Tuti.2012.Permainan Anak Betawi yang MenggunakanNyanyian.Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Selatan. Jakarta.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Surabaya: Pustaka Ilmu
Trianto. 2008. Mendesain pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) di kelas. Jakarta : cerdas pustaka publisher.
W, Sri Anita. 2014.Strategi Pembelajaran di SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka
Widayanti, Ninik. 2001. Efektifitas Pembelajaran Geografi Melalui Metode Outdoor Study dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Buletin Pelangi Pendidikan, dalam http://pakguruonline.pendidikan.net.
Zuchdi, Darmiyati. (2011). Pendidikan karakter dalam prespektif teori dan praktik. Yogyakarta: UNY Press.
Copyright (c) 2018 Feri Tirtoni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the Umsida Press right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this platform.