Buku Ajar Manajemen Pendidikan
Abstract
Pendidikan adalah sebuah upaya yang dilakukan secara terus-menerus, Di mana para pemikir , pemimpin, serta seluruh civitas akademik yang ada di sekolah adalah sebuah mesin penggerak utama. maju dan berkembangnya sebuah instansi pendidikan ditentukan oleh strategi yang telah disusun di awal, yang telah ditargetkan di awal, dan itu semua membutuhkan sebuah kerja keras serta komitmen tinggi diantara para tenaga pendidikan tenaga administrasi sekolah. buku manajemen pendidikan ini disusun dengan tujuan Agar mahasiswa nantinya dapat mengetahui segala seluk beluk, segala fungsional yang terjadi pada struktural sekolah terkait dengan tugas dan kapasitas pada masing-masing divisi yang ada di sekolah. Harapannya setelah membaca buku ini nantinya mahasiswa akan mengerti, memahami, serta dapat mengaplikasikan segala ilmu yang diperoleh pada saat di bangku kuliah sehingga bisa diimplementasikan pada saat mereka berdinas nanti di sebuah instansi sekolah. semua dicetak menjadi tenaga pendidik guru semisalnya, tapi di antara ribuan guru akan ada penerus penerus selanjutnya yang akan bertindak sebagai divisi eksekutif di sekolah yang akan bertindak sebagai pengambil kebijakan, penentu arah strategi, yaitu yang disebut dengan kepala sekolah dan jajarannya. mereka adalah ujung tombak bersama dengan guru bahu-membahu meningkatkan segala kapasitas dan kualitas dari mutu pendidikan dari mutu pengajaran sehingga sebuah pembelajaran nantinya memiliki sebuah kualitas yang baik tentunya hal itu ditunjang oleh fasilitas dan sarana prasarana serta pendidikan dan latihan yang terus-menerus dilakukan untuk meningkatkan skill dan profesionalisme para guru nantinya.
Downloads
Metrics
References
Afifuddin, and B. A. Saebani. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Akdon. 2006. Strategic Managemen for Educational Management. Bandung: Alfabeta.
Baharuddin, B. 2006. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Era Otonomi Pendidikan.” Jurnal ElHarakah 63(1).
Depdiknas. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Drucker, and Timpe. 2002. Manajemen Waktu Menurut Para Ahli. Jakarta: PT. GramediaPustaka Utama.
E.Mulyasa. n.d. Menjadi Kepala Sekolah Profesional: Dalam Konteks Menyukseskan Mbs Dan Kbk.
Elfachmi, A. K. 2015. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Erlangga.
Gillin, J. .., and J. P. Gillin. 1954. Cultural Sociology. New York: The Mc Millan.
Hasibuan, Malayu. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Kasan, Tholib. 2000. Teori Dan Aplikasi Administrasi Pendidikan. Jakarta: Studia Press.
Kristiawan, Muhammad, Yuyun Yuniarsih, Happy Fitria, and Nonla Refika. 2019. Supervisi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Makmun, Abin Syamsuddin. 1996. Analisis Posisi Pendidikan. Jakarta: Biro Perencanaan Pendidikan Depdikbud.
Maskur. 2015. Manajemen Humas Pendidikan Islam: Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: Deepublish.
Meilani, Hartono. 2016. “Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pengajaran.” BINUS UNIVERSITY |PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. Retrieved (https://pgsd.binus.ac.id/2016/12/26/kepala-sekolahsebagai-supervisor-pengajaran/).
Mudjiono, Dimyati dan. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Nasution.
Mulyana, E. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosda.
Nasution, S. 2021. Kurikulum Dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Nitisemito, Alex S. 1996. Manajemen Personalia, Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gholia Indonesia.
Sri, Minarti. 2011. Manajemen Sekolah Mengelola Lembaga Pendidikan SecaraMandiri. Yogyakarta: ArRuzz Media.
Sutomo, Hendiyat, and Wacty Suemanto. 1984. Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bima Aksara
Copyright (c) 2021 Feri Tirtoni, Fitri Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the Umsida Press right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this platform.