Buku Ajar Profesi Keguruan

Main Article Content

Ida Rindaningsih
Eni Fariyatul Fahyuni

Abstract

Syukur Alhamdulillah kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat, karunia, dan kehendak-Nya, buku ajar Profesi Keguruan dapat terselesaikan dengan baik meskipun selanjutnya dibutuhkan penyempurnaan sesuai dengan perubahan kebijakan tentang profesi guru. Buku ajar ini disusun guna memberikan wawasan kepada mahasiswa calon guru bahwamenjadi guru tidak sekedar mengajar namun juga mampu beradaptasi terhadap perubahan lingkungan, dan tuntutan Pendidikan abad 21 atau kebutuhan revolusi industry 5.0. Buku ajar Profesi Keguruan ini disusun menyesuaikan trend kebutuhan pendidikan saat ini. Untuk itu buku ini disusun baik dari referensi buku maupun artikel-artikel terbaru sesuai dengan isu-isu terkini, serta hasil penelitian. Diharapkan agar calon guru memiliki wawasan luas dan termotivasi meningkatkan kompetensinya. Buku ajar ini mengkaji tentang konsep dasar profesi keguruan, kompetensi pendidik, pengembangan profesi guru, kinerja guru, implementasi dan problematika guru, serta merdeka belajar. Buku Ajar Profesi Keguruan diperuntukkan mahasiswa calon guru ditingkat SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA atau sederajat di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Profesi Keguruan merupakan matakuliah prasyarat yang harus diselesaikan sebelum mahasiswa menempuh mata kuliah perencanaan pembelajaran, strategi dan evaluasi pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Rindaningsih, I., & Fariyatul Fahyuni, E. (2023). Buku Ajar Profesi Keguruan. Umsida Press, 1 - 215. https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-051-9
Issue
Section
Buku Ajar

References

Ahmad, A. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh Melalui
Pendampingan Sistem Daring, Luring, atau Kombinasi pada Masa New Normal Covid-19. Jurnal
Paedagogy, 7(4), 258. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2803
Andina, E. (2018). Efektivitas Pengukuran Kompetensi Guru. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 9(2),
204–220. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v9i2.1103
Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan),
5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02
Embryol, R. J. M. (2005). Esensi dan Ranah Profesi Kependidikan Profesi.
Hakim, M. (2021). Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru…. Jurnal Ilmiah Iqra, 15(2007),
1693–5705.
Hepp K., P., Prats Fernández, M. À, & Holgado García, J. (2015). Teacher Training: Technology Helping To
Develop An Innovative And Reflective Professional Profile. Universities And Knowledge Society
Journal, 12(2).
Hidayat, A. Gafar Haryati, T. (2019). Peran Guru Profesional dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik
Berbasis Nilai Kearifan Lokal (Maja Labo Dahu) Sekolah Dasar Negeri Sila Di Kecamatan Bolo
Kabupaten Bima. Jurnal Pendidikan Ips, 9(1), 18. https://doi.org/10.37630/jpi.v9i1.169
Mundia Sari, K., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian
Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 900.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478
Nissim Yonit, Weissblueth Eyal, Scott-Webber, L. & A. S. (2016). The Effect Of A Stimulating Learning
Environment On Pre-Service Teachers’ Motivation And 21st Century Skills Canadian Center Of Science
And Education. Journal Of Education And Learning, 5(3).
Patabang, A., & Murniarti, E. (2021). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Pada Pembelajaran Daring
Dimasa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1418–1427.
Setyawan, D., & Santosa, A. B. (2021). Kompetensi Kepala Sekolah Dan Guru Sebagai Basis Pencapaian
Mutu Pendidikan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3271–3281.
Siregar, N. (2014). Profesi Kependidikan. PT Bumi Aksara, 196.
Sudrajat, J. (2020). Kompetensi Guru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1),
100–110.
Sulfemi, W. B. (2019). Kemampuan Pedagogik Guru.
Sutikno, A. (2018). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pengembangan Diri. Prosiding
“Profesionalisme Guru Abad XXI”, Seminar Nasional IKA UNY, 1, 45–57.
Ahmad, A. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh Melalui
Pendampingan Sistem Daring, Luring, atau Kombinasi pada Masa New Normal Covid-19. Jurnal
Paedagogy, 7(4), 258. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2803
Andina, E. (2018). Efektivitas Pengukuran Kompetensi Guru. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 9(2),
204–220. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v9i2.1103
Apud, A. (2020). Pengembangan Profesi Guru Madrasah Swasta di Kota Serang. Nidhomul Haq : Jurnal
Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 62–79.
Arifa, F. N., & Prayitno, U. S. (2019). Peningkatan Kualitas Pendidikan: Program Pendidikan Profesi Guru
Prajabatan Dalam Pemenuhan Kebutuhan Guru Profesional Di Indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-
Masalah Sosial, 10(1), 1–17.
Arifa, F. N., & Prayitno, U. S. (2019). Peningkatan Kualitas Pendidikan: Program Pendidikan Profesi Guru
Prajabatan dalam Pemenuhan Kebutuhan Guru Profesional di Indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-
Masalah Sosial, 10(1), 1–17. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v10i1.1229
Ayubi, U. Y., & Prayoga, A. (2020). Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Pendidik. Manazhim : Jurnal
Manajemen Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 118–130.
Britain, S., Liber, O. (1999). A Framework For Pedagogical Evaluation Of Virtual Learning Environments.
Brooks, J. G., & Brooks, M. G. (1993). In Search Of Understanding: The Case For Constructivist Classrooms
(A. O. S. A. C. Development (ed.)).
C, C. E. & L. (2022). Supporting Effective Learning (P. Chapman (ed.)).
Charles, C.M. & Senter, W. G. (1995). Elementary Classroom Management. Longman Publisher USA.
Coetzee. A, Van Niekerk, E.J. & Wydeman, J. . (2008). An Educator’s Guide To Effective Classroom
Management. Van Schaik Publishers.
Degeng, N. (2006). Bagaimana Cara Menjadi Quantum Teacher: Wibawa VS Lembut. Universitas PGRI
Adibuana Surabaya.
Degeng, N. S. (2006). Teori Pembelajaran 2: Terapan (U. Terbuka (ed.)).
Deporter, B., Reardon M., Singer-Nourie, S. (1999). Quantum Teaching: Mempratikkan Quantum Learning Di
Ruang-Ruang Kelas (Kaifa (ed.)).
Eliza, D., Husna, A., Utami, N., & Putri, Y. D. (2022). Studi Deskriptif Profesionalisme Guru PAUD
Berdasarkan Prinsip-Prinsip Profesional Guru pada Undang-Undang No. 14 Tahun 2005. Jurnal
Basicedu, 6(3), 4663–4671. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2837
Ermindyawati, L. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Perilaku Siswa-Siswi Di SD
Negeri 01 Ujung Watu Jepara. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2(1), 43.
https://doi.org/10.34081/fidei.v2i1.27
Gagne, R. M. (1977). The Conditions of Learning (R. A. W. Holt (ed.)).
Hakim, M. (2021). Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru…. Jurnal Ilmiah Iqra, 15(2007),
1693–5705.
Hepp K., P., Prats Fernández, M. À, & Holgado García, J. (2015). Teacher Training: Technology Helping To
Develop An Innovative And Reflective Professional Profile. Universities And Knowledge Society
Journal, 12(2).
Hidayat, A. Gafar Haryati, T. (2019). Peran Guru Profesional dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik
Berbasis Nilai Kearifan Lokal (Maja Labo Dahu) Sekolah Dasar Negeri Sila Di Kecamatan Bolo
Kabupaten Bima. Jurnal Pendidikan Ips, 9(1), 18. https://doi.org/10.37630/jpi.v9i1.169
Huang, Ronghuai. Yang, Junfeng. Zheng, L. (2013). The Components And Functions Of Smart Learning
Environments Foreasy, Engaged And Effective Learning. Nternational Journal For Educational Media
And Technology, 7(1), 4–14.
Ikbal, P. A. M. (2018). Manajemen Pengembangan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Isema : Islamic
Educational Management, 3(1), 65–75. https://doi.org/10.15575/isema.v3i1.3283
Joyce, B., Weil, M. & C. (2016). Models Of Teaching (Ninth Edit). Pustaka Pelajar. Allyn And Bacon.
Juhdi, & Adila, S. D. (2018). Profesi Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta
Dididk Di Era Globalisasi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 5(1), 16–24.
Karuru, P., & Kuddi, Daud, T. (2019). Profesi Pendidikan. Uki Toraja Press.
Kuntarto, E., & Sugandi, S. (2018). Penerapan Program Pengembangan Profesi Guru Di Sekolah Dasar Islam
Terpadu Diniyah Al-Azhar Kota Jambi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 220–238.
Nissim Yonit, Weissblueth Eyal, Scott-Webber, L. & A. S. (2016). The Effect Of A Stimulating Learning
Environment On Pre-Service Teachers’ Motivation And 21st Century Skills Canadian Center Of Science
And Education. Journal Of Education And Learning, 5(3).
Nurzaman, Alinurdin, & P. B. (2019). Profesi Keguruan.
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal
Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239–2253.
Sanglah, I. N. (2021). Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Supervisi Kepala Sekolah. Jurnal Pedagogi
Dan Pembelajaran, 1(14), 1–7.
Santrock, J. . W. (2014). Educational Psycology (M.-H. Education (ed.); 5th ed.). Salemba Humanika.
Seifert, Kelvin & Sutton, R. (2009). Global Text, Educational Psychology (Second Edi). Jacobs Foundation,
Zurich.
Shofiyah, S. (2018). Prinsip – Prinsip Pengembangan Kurikulum dalam Upaya Meningkatkan Kualitas
Pembelajaran. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 122–130.
https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.464
Slavin, R. E. (2009). Psikologi Pendidikan:Teori Dan Praktek (Indeks (ed.); 8th ed.).
Sola, E. (2022). Prinsip-Prinsip Manajemen Vs Kinerja Guru: Sebuah Tinjauan Umum. Edu-Leadership :
Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 153–161.
Sri haryati, S. dan S. (2021). Strategi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Transformasi Dan
Inovasi, 1, 18–23.
Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu
Pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258–264. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.30
Sullivan, O. . (2015). What’s In A Learning Environment? Recognizing Teachers’ Roles In Shaping A
Learning Environment To Support Competency. Journal Of Springer Perspect Med Educ, 277–279.
Suriansyah, A., Ahmad, A., & Sulistiyana. (2015). Profesi Kependidikan “Perspektif Guru Profesional” (1st
ed.). Rajawali Pers.
Suryaman, M. (2020a). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan
Bahasa Dan Sastra, 1(1), 13–28.
Suryaman, M. (2020b). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan
Bahasa Dan Sastra, 1(3), 13–28.
Susanto, H. (2020). Buku Profesi Keguruan.
Sutikno, A. (2018). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pengembangan Diri. Upaya Peningkatan
Kompetensi Guru Melalui Pengembangan Diri, 1, 45–57.
Suwandayani, B. I., Soenaryo, S. F., & Susanti, R. D. (2019). Perencanaan Pembelajaran Creative Learning
Dalam Mata Kuliah Profesi Keguruan. Lentera: Jurnal Pendidikan, 14(2), 32–41.
https://doi.org/10.33654/jpl.v14i2.844
Syafi’i, F. F. (2021). Merdeka Belajar: Sekolah Penggerak.
Trisoni, R. (2016). Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Mewujudkan Kualitas Pendidikan. Ta’dib,
14(2), 194–202.
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru Profesional Di Masa Pandemi COVID-19: Review
Implementasi, Tantangan, Dan Solusi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1),
51–65.
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review
implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65.
Walters, Jim & Frei, S. E. K. (2007). Managing Classroom Behavior And Discipline (M. Corrine Burton (ed.)).
Warsono, W. (2017). Guru: Antara Pendidik, Profesi, Dan Aktor Sosial. The Journal Of Society & Media, 1(1), 1.
Wolfgang, C. H. (2005). Solving Dicipline And Classroom Management Problems; Methods And Models For
Today’s Teachers (I. John Wiley & Sons (ed.); 6th ed.).
Zulfakar, Z., Lian, B., & Fitria, H. (2020). Implementasi Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kinerja
Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 230.
https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3833

Most read articles by the same author(s)