Buku Ajar Perencanaan Pembelajaran MI

Main Article Content

Ida Rindaningsih

Abstract

Buku ini memuat 9 BAB yang berisi tentang konsep perencanaan pembelajaran,  kurikulum  2013,  silabus,  kata  kerja  operasional, pengembangan     RPP,     pengembangan     materi     pembelajaran, pengembangan  bahan  ajar,  pengembangan  model  pembelajaran serta penilaian dalam pembelajaran.Peserta didik yang berkualitas menunjukkan guru yang berkualitas. Guru yang professional bukan hanya mampu mengajar tetapi juga mampu merancang pembelajaran yang efektif sesuai kondisi dan kurikulum yang diberlakukan. Kehadiran guru di kelas bukan sebagai teacher centre tetapi mengutamakan agar focus pada student centre. Untuk itulah perlu membekali calon mahasiswa memahami tugas guru dalam merencanakan pembelajaran dan memahami perannya di abad 21.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Rindaningsih, I. (2021). Buku Ajar Perencanaan Pembelajaran MI. Umsida Press, 1-108. https://doi.org/10.21070/2019/978-623-7578-03-1
Issue
Section
Buku Ajar

References

Bergmann, J., &Sams, A. 2012. FlippedYourClassroom: Reacheverystudent in everyclasseveryday. USA: ISTE
Creswell, J.W. 2009. Research Design Qualitative, QuantitativeandMixedMethodsApproach (3rded.)ThousandOaks: SAGE Publication, Inc
Degeng, S. 2013. Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Bandung: Aras Media.
Dick, W., Carey, L., &Carey, J.O. 2009. The SystematicdesignofInstruction. USA 62: Pearson
Dimyanti. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hasanah, Aan. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Pustaka Setia
Jaipul L. Ropnarine& James. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada
James H Stronge. 2013. Kompetensi Guru-guru Efektif. Jakarta: Indeks
Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik. Penilaian Proses dan Hasil Belajar Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
Kurniasih, Imas. & Sani, Berlin.2014. Perancangan Pembelajaran. Prosedur Pembuatan RPP yang sesuai dengan kurikulum 2013. Yogyakarta : Katapena
Kelvin Seifert. 2007. Manajemen Pembelajaran dan Instruksi Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSod
Keller, J., M, Golas, K.C, Wager. W.W, Gagne, R.M. 2005. PrinciplesofInstructional Design (5th Edition). Belmoth, CA:Wardsworth.
Kemdikbud. 2013. Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses. Jakarta.
Kemdikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 A tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta.
Kemdikbud. 2013. Panduan teknis Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di Sekolah Dasar . Jakarta
Muhammad Ridha, PunajiSetyosari, Dedi Kuswandi. 2016. Pengaruh FlippedMasteryClassromterhadap Perolehan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa.” Dalam Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan PengembanganVolume: 1 Nomor: 4 Bulan April Tahun 2016. Halaman: 655—661
Novia, Rina.2010. Super Teacher super student. Jakarta: Zikrul
Prastowo, Andi.2015. Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Santrock, J.W. 2011. EducationalPsychology (5th Edition). New York: McGraw Hill.
Schmidt, S. M. P. & Ralph, D. L. 2014. The FlippedClassroom: A Twist On Teaching. The CluteInstitute International AcademicConference. http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1087603.pdf.
Seaman, J & Allen I. E. 2013. ChangingCourse: TenYearsofTracking Online Education in United S tates. OaklandBabsonSurveyResearch Group
Akhmad Sudrajat. 2010. Konsep Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling, (http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/02/03/evaluasi-program bimbingan-dan-konseling-di-sekolah/, diakses 1 September 2012).
Suharsimi Ari Kunto. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Most read articles by the same author(s)