Buku Saku Tata Laksana Konseling Bagi Guru Sekolah Dasar
Abstract
Puji syukur atas kehadirat Allah SWT dengan segala rahmat-Nya sehingga buku saku ini bisa tersusun. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam penyusunan baik berupa pikiran maupun materinya. Kami berhadap buku ini bisa memberikan tambahan pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca. Selain itu kami juga berharap agar para pembaca juga mampu mempraktekkan pengetahuan yang didapatkan di dalam proses belajar mengajar di sekolah. Kami sadar masih banyak kekurangan dalam penyusunan buku ini, karena adanya keterbatasan pengetahuan dan pengalaman kami. Untuk itu kami secara terbuka, mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan buku saku ini.
Downloads
References
M., & Salsabila, V. A. P. (2024). Genuineness dan Empati Konselor dalam
Layanan Konseling Berdasarkan Perspektif Siswa. Teaching, Learning and
Development, 2(2), 70–76. https://doi.org/10.62672/telad.v2i2.42
Virly, N., Ega, D. A., & Muhid, A. (2023). Efektivitas layanan konseling kelompok
dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan rasa empati siswa: literature
review. Psycho Aksara : Jurnal Psikologi, 1(1), 32–40.
https://doi.org/10.28926/pyschoaksara.v1i1.739
All Habsy, B., Mufidha, N., Shelomita, C., Rahayu, I., & Ilham Muckorobin, M. (2023).
INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATIONAL COUNSELING Filsafat Dasar
dalam Konseling Psikoanalisis : Studi Literatur A rt icle H ist o ry A B ST RA CT.
Indonesian Journal of Educational Counseling, 7(2), 189–199.
https://doi.org/10.30653/001.202372.266
Aminah, S. (2018). Pentingnya mengembangkan ketrampilan mendengarkan efektif
dalam konseling. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4, 108–114. http://jurnal.iicet.org
Arafa, S., Mursalim, M., & Ihsan, I. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap
Prestasi Belajar Siswa SD Negeri 26 Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal
Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 47–54.
https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.2061
Arifudin, O. (2013). IMPLEMENTASI BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH
DALAM KURIKULUM 2013. 138–146.
Evi, T. (2020). Manfaat Bimbingan Dan Konseling Bagi Siswa Sd. Jurnal Pendidikan
Dan Konseling (JPDK), 2(1), 72–75. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.589
Fadhilah, M. F., Alkindi, D., & Muhid, A. (2021). Cyber Counseling Sebagai Metode
Meningkatkan Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah : Literature Review.
11(1), 86–94. https://doi.org/10.25273/counsellia.v11i18393
Fajar Rizqi, A., Adilla, B. L., Sulistiyawati, E., & Taufiqurrohmah. (2023). Analisis
Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar Dan Alternatif
Pemecahannya. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 481–488.
https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.588
Firdaus, W., & Marsudi, M. S. (2021). Konseling Remaja yang Kecanduan Gadget
Melalui Terapi Kognitif Behavior. 6(1), 15–24.
Ginting, R. L. (2020). Implementasi Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar. Jurnal
Sekolah PGSD FIP UNIMED, 4(3), 286–296.
Nugroho, A. D., & Fathoni, A. (2022). Hambatan Guru Berlatar Pendidikan Non
Bimbingan Konseling Sebagai Pelaksana Program Bimbingan dan Konseling di
Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5839–5846.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3136
Oktaviani, S. N., & Syawaluddin, S. (2023). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam
Menguatkan Karakter Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 115–119.
https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.120
Rahman Wahid, Yusuf Tri Herlambang, Ani Hendrayani, & Sigit Vebrianto Susilo.
(2022). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Perubahan Kepribadian Anak
Usia Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1626–1633.
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2397
All Habsy, B., Mufidha, N., Shelomita, C., Rahayu, I., & Ilham Muckorobin, M. (2023).
INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATIONAL COUNSELING Filsafat Dasar
dalam Konseling Psikoanalisis : Studi Literatur A rt icle H ist o ry A B ST RA CT.
Indonesian Journal of Educational Counseling, 7(2), 189–199.
https://doi.org/10.30653/001.202372.266
Aminah, S. (2018). Pentingnya mengembangkan ketrampilan mendengarkan efektif
dalam konseling. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4, 108–114. http://jurnal.iicet.org
Arafa, S., Mursalim, M., & Ihsan, I. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap
Prestasi Belajar Siswa SD Negeri 26 Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal
Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 47–54.
https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.2061
Arifudin, O. (2013). IMPLEMENTASI BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH
DALAM KURIKULUM 2013. 138–146.
Evi, T. (2020). Manfaat Bimbingan Dan Konseling Bagi Siswa Sd. Jurnal Pendidikan
Dan Konseling (JPDK), 2(1), 72–75. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.589
Fadhilah, M. F., Alkindi, D., & Muhid, A. (2021). Cyber Counseling Sebagai Metode
Meningkatkan Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah : Literature Review.
11(1), 86–94. https://doi.org/10.25273/counsellia.v11i18393
Fajar Rizqi, A., Adilla, B. L., Sulistiyawati, E., & Taufiqurrohmah. (2023). Analisis
Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar Dan Alternatif
Pemecahannya. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 481–488.
https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.588
Firdaus, W., & Marsudi, M. S. (2021). Konseling Remaja yang Kecanduan Gadget
Melalui Terapi Kognitif Behavior. 6(1), 15–24.
Ginting, R. L. (2020). Implementasi Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar. Jurnal
Sekolah PGSD FIP UNIMED, 4(3), 286–296.
Nugroho, A. D., & Fathoni, A. (2022). Hambatan Guru Berlatar Pendidikan Non
Bimbingan Konseling Sebagai Pelaksana Program Bimbingan dan Konseling di
Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5839–5846.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3136
Oktaviani, S. N., & Syawaluddin, S. (2023). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam
Menguatkan Karakter Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 115–119.
https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.120
Rahman Wahid, Yusuf Tri Herlambang, Ani Hendrayani, & Sigit Vebrianto Susilo.
(2022). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Perubahan Kepribadian Anak
Usia Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1626–1633.
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2397
Ramadhani, Y., Witono, H., & Affandi, L. H. (2020). Faktor-Faktor Penyebab Perilaku
Agresif Siswa Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus Di Kelas III Sd Negeri 2
Ampenan). Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 2(1), 75–80.
Rogers, C. R. (2007). the Necessary and Sufficient Conditions of Therapeutic
Personality Change. Psychotherapy, 44(3), 240–248.
https://doi.org/10.1037/0033-3204.44.3.240
Suwarjo. (2008). Modul pelatihan praktik keterampilan konseling. Universitas Negeri
Yogyakarta (UNY), 40.
Copyright (c) 2024 Nurfi Laili, Ghozali Rusyid Affandi, Fitria Nur Hasanah, Arsya Agas Awwaby, Cruyzera Harda Rifya Wibowo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the Umsida Press right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this platform.