Prestasi Akademik Siswa Sekolah Dasar Tingkat Awal: Tinjauan Kesiapan Sekolah Dasar dan Motivasi Berprestasi

Main Article Content

Lely Ika Maryati
Ghozali Rusyid Affandi
Rifki Afandi

Abstract

Buku ini disusun berdasarkan hasil penelitian yang berjudul “Peran Kesiapan Masuk Sekolah Dasar dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Akademik pada Siswa SD Kelas Satu”, buku ini mengulas keterkaitan atau hubungan antara variable kesiapan sekolah dan motivasi berprestasi dengan prestasi akademik. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesa adanya hubungan positif antara variable kesiapan sekolah dan motivasi berprestasi dengan prestasiak ademik Siswa Sekolag Dasar awal (kelas 1). Kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang turut membantu dalam pelaksanaan penelitian

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Maryati, L. I., Affandi, G. R., & Afandi, R. (2020). Prestasi Akademik Siswa Sekolah Dasar Tingkat Awal: Tinjauan Kesiapan Sekolah Dasar dan Motivasi Berprestasi. Umsida Press, 1 - 62. https://doi.org/10.21070/2020/978-623-7578-75-8
Issue
Section
Monograf

References

Afiah, I. (2012). Korelasi Antara Potensi Akademik, Motivasi Belajar Dengan Prestasi Akademik Pada Siswa Kelas X Program Unggulan Man Tambakberas Jombang. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang: Skripsi.
Akpan, M. D., & Mfonobong, E. U. ( 2013). Analysis Of Achievement Motivation And Academic Engagement Of Students In The Nigerian Classroom. Academic Journal Of Interdisciplinary Studies.
Amrai, K., Shahrzad, E. M., Hamzeh, A. Z., & Hadi, P. (2011). The Relationship BetweenAcademik Motivation And Academik Achievement Students. Procedia Social And Behavioral Sciences .
Arikunto, S. (2010 ). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Azwar, S. (2009). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2016). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arifin, M. (1991). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Bakhtiarvanda, F., Sana, A., Kazem, D., & Hojjat, A. F. (2011). The Moderating Effect Of Achievment Motivation On Relationship Of Learning Approaches And Academic Achievemnt. Procedia-Social And Behavioral Sciences, 486-488.
Bloom, B. S. (1956). Taxonomy Of Educational Objectives : The Classification Of Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain. New York: Longmans, Green And Co.
Brown, M. (1999). Social Cognitive Theory,.
Dangol, R., & Milan, S. (2019). Learning Readiness And Educational Achievement Among School Students. The International Journal Of Indian Psychology , 467-476 •.
Depdikas. (2003). Undang-Undang Ri No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasioanal.
Diamond, A. (2010). The Evidence Base For Improving School Outcomes By Addressing The Whole Child And By Addressing Skills And Attitudes, Not Just Content . Early Education And Development .
Fathurrohman, P. ( 2009). Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umm Dan Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama.
Gupta, P. K., & Rashmi, M. (2016). Impact Of Academic Motivation On Academic Achevement : A Astudy On High Schools Students. European Journal Of Education Studies .
Hardiansyah, E. (2013). Konseling Kelompok Dengan Choice Theory Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa. Jurnal Psikologia, 2, 9-17.
Haryanto. (2012). http://belajarpsikologi. com/pengertianpendidikan-menurut-ahli/. Dipetik april 9, 2020, dari http://belajarpsikologi. com/pengertianpendidikan-menurut-ahli/
Haryani, R., & M.M.W, T. (2014). Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Berprestasi Dari Keluarga Tidak Mampu Secara Ekonomi. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan , 30-36.
Kumar, S., & Sanggetha. (2019). A Study On Relationship Between Achievement Motivation And Academic Achievement In English Among High School Student. International Journal Of Trend In Scientific Research .
Kurniawati Rosi, L. T. (2013). Hubungan Antara Metakognisi dengan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga yang Aktif Berorganisasi di Organisasi Mahasiswa Tingkat Fakultas. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 2, 16-21.
M, F., Ahmad, J. F., & Oliemat, E. (2016). Jordanian Kindergarten And 1st-Grade Teachers ’ Beliefs About Child-Based Dimensions Of School Readiness Jordanian Kindergarten And 1st-Grade Teachers ’ Beliefs About. Journal Of Research In Childhood Education , 293-305.
Marimba, A. D. (1989). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma'arif.
Mariyati, L. I. (t.thn.). Usia Dan Jenis Kelamin Dengan Kesiapan Masuk Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMG, (hal. 331-344).
Mariyati, L. I., & Affandi, G. R. (2016, Agustus). Tepatkah Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test (NST) Untuk Mengukur Kesiapan Sekolah Siswa Sekolah Dasar Awal Pada Konteks Indonesia? (Analisis Empirik Berdasar Teori Tes Klasik). Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 4(2), 194-211.
Mariyati, L. I. (2017). Usia Dan Jenis Kelamin Dengan Kesiapan Masuk Sekolah Dasar . Prosiding Seminar Nasional Psikologi Umg , 331-344.
Mariyati, L. I. (2019). Inteligensi Dan Kesiapan Anak Masuk Sekolah Dasar. Psyche: Jurnal Psikologi , 1-12.
Mariyati, L. I., & Ghozali, R. A. (N.D.). Analisis Kualitas Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test (Nst) Secara Empirik Berdasar Classical Test Theory. Laporan Penelitian Tidak Diterbitkan Sidoarjo:Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Maryati, S. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Ibi Darmajaya Lampung). Gema , 45-51.
Muhaimin, d. (2008). Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pada Sekolah dan Madrasah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Nasution, S. (1995). Asas-asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasional, D. P. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007. Jakarta: Depdiknas.
Olufemioladebinu, T., Amos, A. A., & Dr. W.O, O. (2018 ). Factors Influencing The Academic Achievement Of Students’ In Colleges Of Education In Southwest, Nigeria. Journal Of Education And Human Development , 109-115.
Pan, Q., Kim, T. T., Hailey, R. L., & Jonathan, T. (2019). Scholl Readiness Profiles And Growth In Academic Achivement. Educational Psychology .
Permendikbud. (2017). Peraturan Menteri Pendidikan Nomer 17 Tahun 2017 Pasal 5 .
Puar, S. S., & Praveen, T. (2012). Role Of Social Maturity In Academic Achievement Of High School Students . International Journal Of Educational And Psychological Research , 6-11.
Purwanto. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Retnowati, D. R., Ach, F., & I, K. A. ( 2016). Prestasi Akademik Dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan , 521-525.
Saeid, N., & Tahere, E. (2017). Relationship Between Student’s Self-Directed-Learning Readiness And Academic Self-Efficacy And Achievement Motivation In Students. International Education Studies .
Saleh, M. (2014). Pengaruh motivasi, faktor keluarga, lingkungan kampus dan aktif berorganisasi terhadap prestasi akademik. Phenomenon, 109-141.
Santrock, J. W. (2012). Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup) Jilid I. Jakarta: Penerbit Erlangga. Alih Bahasa:Benedictine Wisdyasinta.
Santrock, J. W. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.
Sudarmo, M. P., & Lely, I. M. (2017). Kemampuan Problem Solvingdengankesiapan Masuk Sekolah Dasar. Psikologia (Jurnal Psikologi) , 38-51.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharman. (2018). Tes Sebagai Alat Ukur Prestasi Akademik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam , 93-115.
Sulistiyaningsih. (2005). Kesiapan Bersekolah Ditinjau Dari Jenis Pendidikan Prasekolah Anak Dan Tingkat Pendidikan Orang Tua. Jurnal Psikologian, 1(1), 1-8.
Retnowati, D. R., Fatchan, A., & Astina, I. K. (2016). Prestasi Akademik Dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan, 521-525.
Triyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan. (Y. S. Hayati, Penyunt.) Jakarta: PT Bumi Aksara.
Widyastuti. (2010). Hubungan Motivasi Belajar dan Hasil Tes Intelegensi dengan Prestasi Belajar. Surakarta: Universitas Sebelas Maret: Tesis tidak diterbitkan.
Widyastuti, R. (2016). Hubungan Motivasi Belajar Dan Hasil Tes Intelegensi Dengan Prestasi Belajar.
Zyl, E. V. (2011). The Relationship Between Scholl Readiness And School Performance In Grade 1 And Grade 4 . Journal Of Childhood Education