Buku Ajar Mata Kuliah Pengembangan Pembelajaran IPS SD

Main Article Content

Vanda Rezania
Rifki Afandi

Abstract

Segala puji dan syukur, penulis panjatkan kepada Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, yang telah mencurahkan segala nikmat, rahmat, dan hidayahNya kepada penulis sehingga buku kami yang kedua dengan judul Pengembangan Pembelajaran IPS SD dapat diselesaikan dengan baik. Sholawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan oleh Allah SWT atas junjungan dan teladan seluruh insan Rasulullah SAW. Tim penulis mengucapkan terima kasih kepada:
1. Dr. AKhtim Wahyuni, M.Ag., Dekan Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan yang memberikan arahan dan motivasi kepada penulis dalam menyelesaikan buku ajar ini. 2. Tri Linggo Wati, M.Pd., Kaprodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang telah memberikan dukungan untuk menyusun buku ajar ini 3. Rekan-rekan dosen pengampu mata kuliah Pengembangan Pembelajaran IPS SD yang telah berbagi pengalaman dalam mengampu mata kuliah tersebut. Penulis menyadari bahwa buku ini masih belum sempuna. Sebagai suatu karya awal, disadari benar akan segala keterbatasan dan kekurangan buku ini baik struktur maupun isinya. oleh karena itu, segala kritik dan saran dari para pembaca sangat dinantikan untuk penyempurnaan di masa mendatang.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Rezania, V., & Afandi, R. (2021). Buku Ajar Mata Kuliah Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Umsida Press, 1-116. https://doi.org/10.21070/2020/978-623-6833-99-5
Issue
Section
Buku Ajar

References

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press
Budiningsih, A.C. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Dahlan, M.D. (1990). Model-model Mengajar. Bandung: CV Diponegoro
Fathurrohman, M. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Hamalik, O. (2001). Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Hamalik, O. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Grafika
Harrison, H.L. & Hummel, L.L. (2010) Incorporating
Animation Concepts and Principles in STEM Education.(Journal) USA: The Technology Teacher
Hasan, S.H. (1996). Pendidikan Ilmu Sosial. Jakarta: Depdikbud
Jarolimek, J. & Forste, C.D. (1976) . Teaching and Learning in The Elementary School. London: Mc. Millan Pub.Co.Inc
Karli, H dan Yuliariatiningsih, M.S. (2002). Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Bina Medika Informasi
Kemdikbud. (2019). Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jakarta: BSNP
Kurinasih, I., & Sani, B. (2014). Implementasi Kurikulum 2013, Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena
Lie, A. (2002). Cooperative Learning; Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo
Mutakin, A. (1992). Pendidikan Ilmu Sosial. Bandung: Anggita Pustaka Mandiri.
Nurhadi. (2004). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Permendikbud. (2016). Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP
Piaget, J. (1963). The Psychology of Intelligence. New York: Routledge
Poedjiadi, A. (1997). Memperkenalkan Pendidikan Sains Teknologi dan Masyarakat. Bandung: Program Pascasarjana IKIP Bandung
Poedjiadi, A. (1995). Efektivitas Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dalam Meningkatkan Literasi Sains dan Teknologi Peserta Didik di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. Tesis: IKIP Bandung (tidak diterbitkan).
Roestiyah, N.K. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Rusmansyah dan Irhasyuarna. (2001). Implementasi Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dalam Pembelajaran Kimia di SMU Negeri 1 Kota Banjarmasin.
Http://www.depdiknas.go.id/ jurnal/40/Implementasi%20Pendekatan %20Sains-Teknologi-Masyarakat.html (diaksestanggal 23 Desember 2010).
Sa’ud, U.S., & Sutarsih. (2007). Pengembangan Profesi Guru.Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berbasis Standar Proses Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sanjaya, W. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sapriya. (2002). Studi Sosial: Konsep dan Model Pembelajaran. Bandung: Buana Nusantara
Siroj, R.A. (2004). Pemerolehan Pengetahuan Menurut Pandangan Konstruktivistik. (online). Tersedia:http://www.depdiknas.go.id/jurnal/43/rusdy-a-sirij.htm
Somantri, M.N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: UPI bekerja sama dengan PT Remaja Rosdakarya.
Suhada, I. (2016). Ilmu Sosial Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Surya, H.M. (2003). Kapita Selekta Pendidikan SD. Jakarta: UT
Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group
State, Penn. (2008). Macam-macam Pendekatan. http://idahariyanti.student.fkip.ums.ac.id/files/2009.../SBM-TGL-7.docx. (26 Oktober 2010)
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontekstualistik. Surabaya: Prestasi Pustaka
Trianto. (2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Triwiyanto, T. (2015). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Winataputra, U.S. (1997). Belajar dan Pembelajaran IPS. Jakarta: Proyek Strata DIII.
Yager, R.E. (1992). The Status of Science Technology Society Reform Efforts Around The World. ICASE Year Book: Pensylvania Yager