Buku Ajar Layanan Bimbingan Di SD
Abstract
Segala puji dan syukur, penulis panjatkan kepada Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, yang telah mencurahkan segala nikmat, rahmat, dan hidayahNya kepada penulis sehingga buku yang berjudul Layanan Bimbingan di SD dapat diselesaikan dengan baik. Sholawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan oleh Allah SWT atas junjungan dan teladan seluruh insan Rasulullah SAW. Buku ini ditujukan untuk mahasiswa S-1 dan siapapun yang ingin mengetahui secara menyeluruh tentang konsep layanan bimbingan di lingkungan keSDan. Dalam buku teks ini, pembaca akan menemukan sebuah diskusi yang umum sehingga para mahasiswa (terutama mahasiswa PGSD atau mahasiswa yang mengambil jurusan Psikologi Pendidikan) dapat mengetahui dengan
cepat semua cakupan studinya nanti dan mempersiapkan diri sebagai langkah awal menjadi guru yang bijak dalam menghadapi segala persoalan siswanya. Bagi pembaca umum, buku ini merupakan sebagai pemberi informasi awal untuk mengenali konsep dasar anak-anak sebagai siswa dan sebagai pelajar serta
konsep pemberian layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar. Selain itu, buku ini menyediakan juga lampiran-lampiran terkait implementasi layanan bimbingan dan konseling di SD-SD yang dipilih oleh penulis (hasil observasi dan dokumentasi) yang tentunya dipandu oleh guru-guru BK terbaik di SD masing-masing. Dengan mengamati lampiran-lampiran tersebut, para pembaca akan dibawa untuk ikut merasakan penerapan layanan bimbingan dan konseling yang baik di SD sehingga siswa dan guru dapat bekerja sama dengan baik sehingga optimalisasi belajar dapat tercapai.
Downloads
Metrics
References
Furqon. 2005. Konsep dan Aplikasi Bimbingan Konseling untuk Sekolah Dasar. Bandung: Pustaka Banu Quraisy
Gibson, R.L., & Mitchell, M.H. 2010. Bimbingan dan Konseling (Edisi ketujuh). Yogyakarta: Pustaka Belajar
Hurlock, E.B. 1980. Psikologi Perkembangan (Suatu pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan). Jakarta: Penerbit Erlangga
Kemdikbud. 2014. Permendikbud No. 11 Tahun 2014 tentang
Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta
Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling sekolah Dasar (SD). Jakarta
Lesmana, J.M. 2005. Dasar-dasar Konseling. Jakarta: Universitas Indonesia Press
Mukhiar. 2013. Kontruksi Alat-alat Bimbingan Konseling.Yogyakarta: CV Aswaja Pressindo
Ngalimun. 2014. Bimbingan Konseling di SD/MI (Suatu Pendekatan Proses). Yogyakarta: CV Aswaja Pressindo
Nurihsan, A.J. 2005. Manajemen Bimbingan dan Konseling di SD/MI. Jakarta: Grasindo
Ormrod, J.E. 2008. Psikologi Pendidikan (Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang), Edisi Keenam. Jakarta: Penerbit Erlangga
Sukardi, D.K., & Kusmawati, D.P.E.N. 2008. Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Surya, Mohamad. 1994. Dasar-dasar Konseling Pendidikan (Konsep dan Teori). Bandung: Bhakti Winaya
Winkel. 2007. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia
Copyright (c) 2018 Vanda Rezania
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the Umsida Press right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this platform.