Buku Ajar Psikologi Perkembangan Manusia

Main Article Content

Lely Ika Mariyati
Vanda Rezania

Abstract

Alhamdulillahirabbil’alamin, puji syukur senantiasa penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT, shalawat serta salam senantiasa saya sampaikan kepada junjungan nabi besar kita nabi Muhammad SAW, sehingga pada hari ini mampu menuntaskan penulisan buku ajar perdana.Tujuan penyususnan buku ini yaitu untuk memudahkan pembaca khususnya mahasiswa/i dalam memahami perkembangan hidup manusia mulai dari di dalam kandungan sampai dengan memasuki usia dewasa akhir baik dari tahap fisik, kognitif dan juga emosi. Juga diiluntrasikan dengan gambar dan dilengkapi dengan jurnal2 pendukung. Buku ini dibuat sebagai bahan ajar bagi mahasiswa/i secara berseri, yakni jilid 1 (sebelum UTS) dan jilid 2 (paska UTS hingga UAS).Penulis menyadari sepenuhnya bahwa buku ini masih jauh dari kesempurnaan, meskipun kami telah berusaha sebaik-baiknya. Oleh karena itu, penulis mengharapkan masukan dan saran untuk penyempurnaan buku ini di masa yang akan datang. Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas dukungan yang telah diberikan, khususnya kepada UMSIDA Press yang telah memberikan kesempatan hingga tulisan ini dapat diterbitkan. Semoga buku ini dapat memberikan manfaat bagi siapa saja yang membutuhkan

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Mariyati, L. I., & Rezania, V. (2021). Buku Ajar Psikologi Perkembangan Manusia. Umsida Press, 1-145. https://doi.org/10.21070/2021/978-623-6292-34-1
Issue
Section
Buku Ajar

References

Adolph KE, Tamis-Lemonda. 2010. Developing language in a developing body: the relationship between motor development and language development. Journal of Child Language. 37: 269-73.
Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group
Ahmadi, Abu dan Munawar Sholeh. 2005. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta
Akbar Reni, Hawadi. 2001. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Grasindo
Allen, dan Marotz. 2010. Profil perkembangan anak. Jakarta: PT Indexs.
Aprilia, W. 2020. Perkembangan pada masa pranatal dan kelahiran. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Basir, M. A. 2017. Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Penalaran Matematis Berdasarkan Sistem Kognitif Pada Taksonomi Marzano. Laporan Penelitian Fakultas Pendidikan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Agung Semarang
Buku terjemahan Al-Qur’an yang dikeluarjan oleh Departemen Agama. Semarang: CV. Asy Syifa’
Berk, Laura E. 2009. Child Development Eight Edition. America: Printed in the United State of America
Britton J, Britton H, Gronwaldt V. Breastfeeding, Sensitivity, and Attachment. Pediatrics. 2006;118(5):1436–1443.
Carbin, Charles B.A. 1980. A Texbootk of Motor Development. Iowa: Win. C Brown Company Publishers.
Daley AJ, Macarthur C, Winter H. 2007. "The role of exercise in treating postpartum depression: a review of the literature". Journal of Midwifery & Women's Health. 52 (1): 56–62.
Dariyo A. 2007. Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Bandung: PT Refika Aditama.
Depdiknas. 2002. Kurikulum berbasis kompetensi. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas
Dirjen Olahraga Depdiknas, 2002. Model Pengembangan Motorik Anak Prasekolah. Jakarta
Desmita. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosda
Dodge, D.T., Colker, L.J dan Heroman, Cate. 2002. The Creative Curriculum For Presschool. Washington DC: Teaching Strategies, Inc
Dudiman M. N. 2012. Humanisme Theosentris Dalam Pendidikan Islam. Dimensi Metodologis Pembelajaran.ebohttps://repository.arraniry.ac.id/id/eprint/1510/1/PARADIGMA%10GAB.pdfok.
Fahyuni, Eni Fariyatul &Istiqomah. 2016. Psikologi Belajar dan Mengajar - Kunci Sukses Guru dan Peserta Didik dalam Interaksi Edukatif. Sidoarjo: Nizamiyah Learning Center
Feist, Jess dan Gregory J Feist. 2012. Teori Kepribadian Edisi 7 Buku 1. Jakarta Selatan: Salemba Humanika
Feist, Jess dan Gregory J Feist. 2011. Teori Kepribadian Edisi 7 Buku 2. Jakarta Selatan: Salemba Humanika
Hasanah, U. 2016. Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. 5 (1): 717-733
Hewitt, L., Benjamin-Neelon, S. E., Carson, V., Stanley, R. M., Janssen, I., & Okely, A. D. 2018. Child Care Centre Adherence to Infant Physical Activity and Screen Time Recommendations in Australia, Canada and the United States: An Observational Study. Infant Behavior and Development, 50: 88-97.
Hockenberry, M.J & Wilson, D. 2009. Essential of Pediatric Nursing. St. Louis Missoury: Mosby
Hoyer, W.J., & Roodin, P.A. 2009. Adult Development and Aging 6th Edition. New York: McGraw-Hill
Hurlock, Elizabeth B. 1980. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga
Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Ibda, F. 2015. Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita. 3 (1): 27-38
Ihsana EL Khuluqo M.Pd. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Iswinarti. 2007. Permainan Tradisional Prosedur dan Analisis Manfaat Psikologis. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang
Jannah, M. 2016. Remaja dan Tugas-tugas Perkembangannya dalam Islam. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 1 (1): 243-256
Laura A. King, 2017. Psikologi umum: sebuah pandangan apresiatif. Jakarta: Selemba Humanika, Yuditha Hardini (penerjemah)
Lestari, Ika. 2018. Konsep Dasar Perkembangan Manusia. Bogor: Erzatama Karya Abadi
Logsdon, M.C., Wisner, K. & Hanusa, B.H. 2009. Does Maternal Role Functioning Improve With Antidepressant Treatment In Women With Postpartum Depression? J Womens Health (Larchmt),
Mahmud, 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Martani, W. 2012. Metode Stimulasi dan Perkembangan Emosi Anak Usia dini. Jurnal Psikologi, 39(1), 112-120.
Mariyati, Lely ika, Ghozali R.A dan Rifki Afandi. School Readiness and Achievement Motivation As Academic Achievement Predictors in Elementary School Students. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24 (9): 989-997
Mazhahiri, Husain. 1999. Pintar Mendidik Anak. Jakarta: Lentera
McArdle, J. J., Ferrer-Caja, E., Hamagami, F., & Woodcock, R. W. 2002. Comparative Longitudinal Structural Analyses of The Growth and Decline of Multiple Intellectual Abilities Over The Life Span. Developmental Psychology, 38 (1): 115.
Mochamad Abdul Basir. 2017. Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Penalaran Matematis Berdasarkan Sistem Kognitif Pada Taksonomi Marzano. Skripsi. Semarang: Universitas Sultan Agung
Monks, F.J, Knoers, A.M.P, Haditono, S.R. 2002. Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Murni, M. 2017. Perkembangan Fisik, Kognitif, dan Psikososial pada Masa Kanak-Kanak Awal 2-6 Tahun. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 3 (1): 19-33
Murti, T. 2018. Perkembangan Fisik Motorik dan Perseptual Serta Implikasinya pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Wahana Sekolah Dasar, 26 (1): 21-28
National Association for Sport and Physical Education (2002). Active Start: A Statement of Physical Activity Guidelines for Children Birth to 5 Years. Oxon Hill, MD: AAHPERD Publications.
National Sleep Foundation. (2010). Dipetik September, 2020, dari Sleep and The Brain: https://www.sleepfoundation.org/how-sleepworks/how-much-sleep-do-we really-need
Papalia, D. E., Old s, S. W., & Feldman, R. D. 2007. Human Development Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika.
Papalia, D. E., Old s, S. W., & Feldman, R. D. 2009. Human Development Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika.
Perkembangan-Fisik-DewasaAwal-dan-Tengah.pdf. diakses pada 13 September 2020