Sudah Siapkah Anak Kita Untuk Sekolah: Panduan untuk Orang Tua & Sekolah
Abstract
Alhamdulillahirommbil ‘alamiin, Puji Syukur kehadirat Alloh SWT yang telah memberikan kenikmatan berupa keimanan dan pengetahuan kepada umat manusia melalui ayat qouliyah yang termaktup di dalam Al-Qur’anul Kariim dan ayat kauniyah melalui pengembangan ilmu pengetahuan. Sholawat serta salam kita haturkan kepada Nabi Akhir Zaman yaitu Muhammad SAW yang telah menunjukkan manusia bahwa pengetahuan itu tidak ada guna jika tidak disandarkan pada keimanan kepada sang Maha Mengetahui. Penulis ucapkan terima kasih kepada ristekdikti atas kesempatan yang diberikan kepada penulis untuk melalukan sebuah penelitian yang kemudian dilanjutkan dengan penulisan buku hasil dari penelitian. Serta kepada Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) dan Fakultas Psikologi atas dukungannya sehingga penulis dapat menyelesaikan buku ini.Selesainya buku ini juga tidak luput dari dukungan rekan sejawat di Fakultas Psikologi UMSIDA serta keluarga dari penulis yang turut berkontribusi memberikan dukungan emosional dan do’a, sehingga penulis mampu menyelesaikannya walaupun dengan susah payah. Buku ini adalah karya pertama dari penulis dan dimaksudkan untuk memberikan gambaran kepada orang tua, akademisi serta praktisi maupun masyarakat umum betapa pentingnya memperhatikan aspek perkembangan dalam proses pendidikan terutama pedidikan usia dini dan sekolah dasar awal. Aspek perkembangan ini tidak lain dan tidak bukan adalah kesiapan sekolah peserta didik untuk menapaki tahap pendidikan yang lebih care pada pola perkembangan mereka. Sehingga diharapkan terbitnya buku ini akan menjadi pedoman awal bagi orang tua, guru serta sekolah bahkan praktisi di dunia pendidikan untuk selalu memperhatikan konsep-konsep perkembangan dalam mendesain pendidikan di Indonesia.
Downloads
Metrics
References
Affandi, G.R., & Mariyati, L. I. 2017. Perbandingan Gestalt Test Dan NijmeegseSchoolbekwaamheids Test (NST) Sebagai Alat Deteksi Kesiapan SekolahPada Anak Usia Sekolah Dasar Awal. Laporan Penelitian. Penelitian Dosen Pemula. Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi: Jakarta.
Andayani, B., 2001. Kemampuan Psikologis Anak Dengan Tulisan Tangan Buruk, Jurnal Psikologi Universitas Gadjah Mada, Vol. 28 NO. 2, 77 – 96). Diakses dari http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=368687 (12 Mei 2016) April A. 2009. Anakku Lambat Menulis: Metode pembelajaran dan Terapi untuk anak Disgrafia. Yogyakarta:Kata Hati
Aquarisnawati, Puri; Mustami'ah, Dewi; Riskasari, Windah. 2011. Motorik Halus Pada Anak Usia Prasekolah Ditinjau Dari Bender Gestalt. INSAN Vol. 13 No. 03.Diakses dari http://www.journal.unair.ac.id/filerPDF/2-13_3.pdf (10 April 2016).
Edia, L., 2012. Nak siap-siap masuk SD, yuk!AsahAsuh.com
Fatimah, E., 2010. PsikologiPerkembangan : Perkembangan Peserta didik, Bandung:CV. Pustaka Setia.
Feist , J., dan Feist , G., J., (2012), Teori Kepribadian. Jakarta;Salemba Humanika. alih bahasa; Handriatno
Gregory, Robert, J. 2011. Tes Psikologi: Sejarah, Prinsip, dan AplikasiJilid 2, Edisi 6. Terjemahan Psychological Testing History, Principles, and Applications oleh: Khoiri Rumantati. 2013. Penerbit Erlangga: Jakarta.
Husama, 2015. Kamus Psikologi. Yogyakarta:Andi Offset
Kustimah, abidin, dan Kusumawati. 2007. Gambaran Kesiapan Anak Masuk Sekolah Dasar Ditinjau dari Hasil Test N.S.T(Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test). Fakultas Psikologi-Universitas Padjadjaran. http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2009/08/asesmen_klinis.pdf. (9 Oktober 2014)
Lestari. S. 2013. Psikologi Kelurga; Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta;Prenada Media Group.
Maryati, L. I. 2017. Usia dan Jenis Kelamin dengan kesiapan Masuk Sekolah dasar. Proceeding Seminar Nasional Psikologi: Spirit Entrepreneurship (Menghadapi Tantangan MEA).Fakultas psikologiUniversitas Muhammadiyah Gresik: Gresik. ISBN : 978-602-60885-0-5. http://digilib.umg.ac.id/files/disk1/23/jipptumg--lelyikamar 2224-1-23.usia-a.pdf
Mariyati, L. I, & Affandi, G. R. 2016. Tepatkah Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test (NST) untuk Mengukur Kesiapan Sekolah Siswa Sekolah Dasar Awal pada Konteks Indonesia? (Analisis Empirik Berdasar Teori Tes Klasik). Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, Vol. 4, No 2. Hal: 194 – 211. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/view/3520
Mazhahiri., H. 1999. Pintar Mendidik Anak. Jakarta:Lentera
Papalia D.E., Old, and, S.W. Feldman R.D., 2008. Human Development (Psikologi Perkembangan). Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Alih bahasa: A.K. Anwar
Papalia, D.E., Old, S. W., & Feldman, R. D., 2010. Human Development : Psikologi Perkembangan bagian I s/d IV. Jakarta:Kencana Prenada Media Group, alih bahasa:A.K. Anwar
Papalia, D. E., & Feldman, R. D. (2014). Experience Human Development (menyelami perkembangan manusia). Jakarta: Salemba Humanika. Alih bahasa; F. W. Herarti.
Santrock, John W. 2002, Life-span Development (perkembangan masa hidup):Jilid I. Jakarta: Penerbit Erlangga. Alih bahasa: Chusairi dan Damanik.
Santrock, John W. 2008. Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta: Kencana.
Santrock, John W. 2012, Life-span Development (perkembangan masa hidup) Jilid I. Jakarta: Penerbit Erlangga. Alih bahasa: Benedictine Wisdyasinta
Sarwono, S. W., 2009. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Setiawati, F. A., Izzaty, R. E., & Triyanto, A. 2015. Exploring the construct of school readiness based on child development for kindergarten children. REiD (Research and Evaluation in Education), 3(1), 42-49.
Patmonodewo S. (2003). Pendidikan Anak Pra Sekolah. Depok:Rineka Cipta.
Suharnan, 2005. Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi
Sulistiyaningsih, 2005. Kesiapan bersekolah ditinjau dari jenis pendidikan prasekolah anak dan tingkat pendidikan orang tua. Jurnal Psikologian. Vol. 1, No.1, juni 2005. https://www.scribd.com/doc/137541957/Psikologia-Vol-1-No-1-Juni-2005 (9 Oktober 2014)
Suwaid M. .I. A. H. 2004. Cara Nabi Mandidik Anak. Jakarta: Al I’tishom Cahaya Umat
Undang-Undang No. 23 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 5.
Peraturan Pemerintah No. 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan pada pasal 69 (4).
https://www.sekolahpendidikan.com/2017/02/pertumbuhan-dan-perkembangan-pada.html
http://cdn2.tstatic.net/sumsel/foto/bank/images/ngedot_20160123_194821.jpg
https://matitaputtychristi.files.wordpress.com/2011/12/siap-un-sd.jpg
https://yuditav69.files.wordpress.com/2013/01/wpid-kartun_pengantin.png?w=240
https://ayosehat642.files.wordpress.com/2016/11/bayi-ibu.jpg
https://cdns.klimg.com/vemale.com/headline/650x325/2016/03/coretan-krayon-di-dinding-hilang-dengan-5-bahan-alami-ini.jpg http://www.pendidikankarakter.com; https://cdn.hellosehat.com/wp-content/uploads/2016/10/perilaku-anak.jpg?x54339 https://3.bp.blogspot.com/U1NOaGLpAkg/WOXKri7IMcI/AAAAAAAAF6A/N6OgkKLME2geHQtuHVswq_zSkke4J85KQCLcB/s1600/MUSYAWARAH%2BDI%2BKELAS.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-yCZmRwn-i98/VUTohSoWh6I/AAAAAAAACSQ/H5ViGgRbIHs/s1600/daur_kupu1.gif https://pbs.twimg.com/profile_images/454050836440559616/2Khu1oPr_400x400.jpeg
https://pbs.twimg.com/profile_images/454050836440559616/2Khu1oPr_400x400.jp
Copyright (c) 2018 Ghozali Rusyid Affandi, Lely Ika Mariyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the Umsida Press right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this platform.