Buku ajar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus untuk Mahasiswa PGSD

Authors

  • Vanda Rezania Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Kemil Wachidah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Dewi Asmara Cahyani Hayuningrat Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Keywords:

Anak Berkebutuhan Khusus, Pendidikan Inklusif, Pembelajaran Adaptif

Abstract

Judul : Buku ajar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus untuk Mahasiswa PGSD

  • BAB I : PENGANTAR PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
  • BAB II : KLASIFIKASI DAN KARAKTERISTIK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
  • BAB III : STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
  • BAB IV : PENYESUAIAN KURIKULUM DAN EVALUASI PEMBELAJARAN ABK

Editor: M.Tanzil Multazam

Published by

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Press, Sidoarjo, 2025

ISBN:

  • ISBN :

Deskripsi :

Buku ajar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus untuk Mahasiswa PGSD dirancang sebagai pedoman pembelajaran bagi calon guru sekolah dasar dalam memahami karakteristik, kebutuhan, dan layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK). Buku ini membahas konsep dasar pendidikan inklusif, jenis-jenis anak berkebutuhan khusus, serta prinsip-prinsip pembelajaran yang adaptif dan ramah anak di lingkungan sekolah dasar.Materi disusun secara sistematis dengan menekankan peran guru kelas dalam mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta didik, merancang strategi pembelajaran yang sesuai, serta menciptakan lingkungan belajar yang inklusif. Buku ini juga mengulas pendekatan asesmen sederhana, modifikasi kurikulum, strategi pembelajaran diferensiasi.

Fokus Utama:

  • Konsep Dasar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)
    Pengertian, prinsip, dan landasan pendidikan khusus serta pendidikan inklusif.
  • Karakteristik dan Jenis Anak Berkebutuhan Khusus
    Pemahaman ragam ABK di sekolah dasar dan implikasinya terhadap pembelajaran.

Fitur Unik :

  • Spesifik untuk Mahasiswa PGSD
    Materi disesuaikan dengan peran dan kompetensi calon guru sekolah dasar.
  • Pendekatan Praktis dan Aplikatif
    Menyajikan contoh nyata pembelajaran ABK di kelas SD inklusif.

Target Audiens :

  • Mahasiswa PGSD
    Sebagai target utama untuk membekali kompetensi pendidikan inklusif di sekolah dasar.
  • Dosen PGSD dan Pendidikan Khusus
    Sebagai bahan ajar dan referensi perkuliahan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifa, F. N. (2024). Tantangan dalam Mewujudkan Pendidikan Inklusif.

Arriani, F., Agustiyawati, Rizki, A., Widiyanti, R., Wibowo, S., Tulalessy, C., Herawati, F., & Maryanti, T. (2022). Pendidikan Inklusif. Kementerian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Aura, S. D., Ardini, P., Aulia Chairani, N., Harissa Ashura, S., Stefanie Sihaloho, S., Anggriani Saragi, D., & Tansliova, L. (2025). Pendidikan Inklusi sebagai Alternatif Solusi Mengatasi Permasalahan Sosial Anak Penyandang Disabilitas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9.

Badriyah, L., & Pasmawati, H. (2020). Problematika pada Anak Berkebutuhan Khusus sebagai Panduan bagi Pendampingan ABK (A. Karni, Ed.). Rumah Literasi Publishing. http://kalimatindonesia.id

Bahri, S. (2021). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 94–100. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1754

Damastuti, E., & Rapisa, D. R. (2021). Kecenderungan Penerimaan Guru terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Dasar. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(02), 175–190. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedagogia

Desiningrum, D. R. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus (1st ed.). Psikosain.

Dwi Aura, S., Ardini, P., Aulia Chairani, N., Harissa Ashura, S., Stefanie Sihaloho, S., Anggriani Saragi, D., & Tansliova, L. (2025). Pendidikan Inklusi sebagai Alternatif Solusi Mengatasi Permasalahan Sosial Anak Penyandang Disabilitas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9.

Evanjeli, L. A., & Anggadewi, B. E. T. (2019). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (1st ed.). Sanata Dharma University Press. www.sdupress.usd.ac.id

Fitriana, E. N., Shanie, Nur, Amilyasa, Wildah, & Natasya. (2024). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus di MI Nashrul Fajar Semarang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7.

Ginting, R. L., Irawan, M., Asiah, Matondang, & Violina, E. I. (2023). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (L. Agustin, Ed.; 1st ed.). Eureka Media Aksara.

Hardianti, D., Patriantoro, & Priyadi, A. (2024). Pelatihan dan Pengembangan Profesional Guru untuk Pendidikan Inklusif di Kec. Tekarang. Strategi Navigasi Pendidikan Inklusif Untuk Meningkatkan SDM Yang Berkulitas Dan Berdaya Saing, 3047–6275.

Hasanah, F. N., & Zailani. (2025). Strategi dan Tantangan dalam Menerapkan Pembelajaran Inklusif pada Anak Usia Dini (Studi Kasus di Tadika Tunasku Sayang Al-Fikh Orchard, Port Klang, Selangor, Malaysia). Journal of Education Research, 6(2), 396–406.

Hayati, R., Sari, N., Fajrianti, Fitriyati, Maulani, Hadikusumo, Saputra, Saidah, Agustina, Tangko, Rini, Saptadi, Syarifah, & Siregar. (2023). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (S. Nurmela, Ed.; 1st ed.). PT Sada Kurnia Pustaka.

Hidayah, N., Suyadi, Akbar, S. ali, Yudana, Dewi, Puspitasari, Rohmadhenny, Fakhruddiana, Wahyudi, & Wati. (2019). Pendidikan Inklusi dan Anak Berkebutuhan Khusus (F. Fakhruddiana, Ed.; 1st ed.). Samudra Biru.

Hidayat, A. K., Hasanah, N., & Betaubun, M. (2024). Tantangan dan Strategi Manajemen Kurikulum Pendidikan Inklusif di Taman Kanak-Kanak Kota Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(6), 1437–1452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6205

Idhartono, A. R., Hidayati, N., Mambela, S., Moi, M. V., & Subekti, A. S. (2024). Implementasi Teknologi Asistif dalam Pembelajaran bagi Siswa Berkebutuhan Khusus. Kanigara : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 69.

Khambali, M., & Silvia Nurtasila. (2022). Buku Panduan Guru Pendidikan Khusus bagi Peserta Didik Disabilitas Netra Disertai Hambatan Intelektual untuk SDLB, SMPLB, dan SMALB (I. R. Ernawati, Ed.; 1st ed.). Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi . https://buku.kemdikbud.go.id

Kristiana, I. F., & Widayanti, C. G. (2016). Buku Ajar Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus (1st ed.). UNDIP Press.

Lubna. (2021). Pendidikan Inklusi (S. Arifin, Ed.). Sanabil.

Machrus, M. A. (2020). Strategi Guru dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Inklusi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Maftuhatin, L. (2014). Evaluasi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Kelas Inklusif di SD Plus Darul ’Ulum Jombang. Religi: Jurnal Studi Islam.

Mardini, S. (2016). Meningkatkan Minat Belajar Anak Berkebutuhan Khusus di Kelas Reguler melalui Mpdel Pull Out di SD N Giwangan Yogyakarta. JPSD: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.

Mareta, M. (2022). Bimbingan Konseling Islam bagi Anak Berkebutuhan Khusus (I. Bafadal, Ed.; 1st ed.). Sanabil.

Melinda, R., Suriansyah, A., & Refianti, W. R. (2024). Pendidikan Inklusif: Tantangan dan Peluang dalam Implementasinya di Indonesia. Harmoni Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 337–343. https://doi.org/10.62383/hardik.v2i1.1096

Melinea, F. A. (2023). Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Inklusi (Studi Kasus di SD Pelita Bangsa).

Mirnawati. (2020). Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi (I. Yuwono, Ed.; 1st ed.). CV Budi Utama.

Mirnawati, & Amka. (2019). Pendidikan Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) (1st ed.). Dee Publish (Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA) .

Mu’awwanah, U., Muskania, R. T., Hasanah, U., Mastoah, Ramadhan, Latifah, Munajah, Nurhasanah, Iskandar, & Maula. (2021). Strategi Pembelajaran bagi Anak Berkebutuhan Khusus (T. S. Rohbiah, Ed.; 1st ed.). Media Madani.

Mulyani, D. W. C., & Abidinsyah. (2021). Strategi Pembelajaran Peserta Didik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SDN Antar Baru 1 Maraban. Jurnal Pendidikan Hayati, 7(4), 197–216.

Nasution, R. F. (2021). Penerimaan Diri Orang Tua yang Mempunyai Anak Tunadaksa di SLB YPAC.

Oktari, S., Herik, E., Hidayati, Rifandi, Susanti, Izaac, Amenike, Nasa, Sari, Mafaza, Anggreiny, N., Sriwaty, Hartati, Yuniarni, & Pambudhi. (2023). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus (R. T. Herdiani & L. Fajriah, Eds.; 1st ed.). Eureka Media Aksara.

Putri, A. Y., & Wachidah, K. (2023). Autism Spectrum Disorders and The Development of Children’s Aritmetic Aptitude and Numeracy. Mimbar Ilmu, 28(1), 74–82. https://doi.org/10.23887/mi.v28i1.57460

Rafikayati, A., & Badiah, L. I. (2021). Pendidikan Inklusif (S. Mambela, Ed.; 1st ed.). Adi Buana University Press. www.unipasby.ac.id

Safitri, W. D., & Rezania, V. (2024). Profil Program Pendidikan Inklusi di SDN Sedati Agung Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(3), 348–354. https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf

Saimun. (2021). Model Pembelajaran Matematika untuk Anak Tunagrahita (Hanafi, Ed.; 1st ed.). CV Elhikam Press Lombok.

Salmia, Velianantha, D., Baharuddin, R., & Rafiah, A. (2024). Peran dan Tantangan Pendidik dalam Mewujudkan Pembelajaran Inklusif. Saraweta : Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 2(02).

Setyaningsih, R., Nurhidayah, N., Mariza, A., Hastuti, L. S., Syarifah, A. H., Puspitosari, A., Parinduri, S. A., Prasetyaningsih, R. H., & Rachmat, N. (2022). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (D. A. Setyawan, Ed.; 1st ed.). Tahta Media Group.

Siaahan, H., Armanila, & Veryawan. (2022). Penanganan Anak Tunadaksa (Cerebal Palsy). Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1).

Suharsiwi. (2017). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (1st ed.). CV Prima Print.

Sukma, H. H. (2021). Pembelajaran Slow Learner di Sekolah Dasar (L. A. Puspita & M. Sintawati, Eds.; 1st ed.). Penerbit K-Media.

Sunanto, J. (2019). Indeks Inklusi dalam Pembelajaran di Kelas yang terdapat ABK di Sekolah Dasar. JASSI, 8(2).

Sunanto, J., & Hidayat. (2016). Desain Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Kelas Inklusif. JASSI, 17(1).

Suryana, D., Jusdijachlan, R., & Ridwan, S. (2024). Model Implementasi Kurikulum di Sekolah Pendidikan Inklusif di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Dan Kebidayaan Nusantara, 2(1). https://doi.org/10.38035/jpkn.v2i1

Susilahati. (2023). Pendidikan Inklusif (L. Nurmalia, Ed.). Uwais Inspirasi Indonesia. www.penerbituwais.com

Tarbiyah, I., & Rezania, V. (2023). Analysis of the impact of inclusive programs on social interaction for children with special needs in elementary school. Indonesian Journal of Primary Education, 7(1), 51–58. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/

Twistiandayani, R., & Umah, K. (2019). Terapi Wicara dan Social Stories pada Interaksi Sosial Anak Autis (D. Nasrullah, Ed.; 1st ed.). UM Surabaya Publishing.

Yani, A. R. A., & Laili, N. (2025). The Role of Resilience and Psychological Well-being Towards Parenting Stress of Mothers of Children with Special Needs in Special Schools in Sidoarjo. Journal of Social Science, 2(4), 240–255. https://doi.org/10.61796/ijss.v2i4.52

Published

2025-12-12

How to Cite

Rezania, V., Wachidah, K., & Hayuningrat, D. A. C. (2025). Buku ajar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus untuk Mahasiswa PGSD. Umsida Press. Retrieved from https://press.umsida.ac.id/index.php/umsidapress/article/view/1543

Issue

Section

Text Book

Categories

Most read articles by the same author(s)