Neuropsikologi Pendidikan Dasar: Kognisi, Emosi, dan Strategi Belajar
Keywords:
Kognisi Anak, Regulasi Emosi, Strategi BelajarAbstract
Judul : Neuropsikologi Pendidikan Dasar: Kognisi, Emosi, dan Strategi Belajar
- BAB I: KONSEP DAN PROSES KOGNITIF DALAM TEORI REPRESENTASI
- BAB II: DASAR NEUROSAINS TEORI REPRESENTASI
- BAB III: TEORI PEMROSESAN INFORMASI
- BAB IV: OPTIMALISASI MEMORI KERJA
Editor: M.Tanzil Multazam
Published by:
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Press, Sidoarjo, 2025
ISBN:
- ISBN :
Deskripsi :
Neuropsikologi Pendidikan Dasar: Kognisi, Emosi, dan Strategi Belajar membahas peran fundamental proses kerja otak dalam perkembangan belajar anak usia sekolah dasar. Bidang ini mengkaji bagaimana fungsi kognitif—seperti perhatian, memori, bahasa, dan pemecahan masalah—dibentuk oleh perkembangan neurologis serta bagaimana emosi mempengaruhi kesiapan dan efektivitas belajar.Melalui pendekatan ilmiah yang menggabungkan psikologi, pendidikan, dan ilmu saraf, topik ini menjelaskan bagaimana guru dan orang tua dapat menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan cara otak anak bekerja. Fokusnya meliputi:
- Kognisi: perkembangan kemampuan berpikir, memori kerja, kontrol diri, dan fleksibilitas kognitif.
- Emosi: peran regulasi emosi, motivasi, dan hubungan guru–murid dalam meningkatkan keberhasilan akademik.
- Strategi Belajar: penerapan metode pembelajaran berbasis otak, penguatan , pembelajaran multisensori, dan lingkungan belajar yang mendukung.
Fokus Utama :
Perkembangan Kognitif pada Anak Sekolah Dasar
- Memahami bagaimana otak anak berkembang dalam aspek perhatian, memori, bahasa, dan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
- Mengidentifikasi faktor neuropsikologis yang memengaruhi kemampuan belajar.
Fitur Unik :
Pendekatan Interdisipliner
Menggabungkan neuroscience, psikologi perkembangan, dan pedagogi, sehingga memberikan pemahaman yang komprehensif tentang proses belajar anak dari perspektif biologis dan edukatif.
Target Audiens :
Guru Sekolah Dasar
Untuk membantu mereka memahami cara kerja otak anak dan menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan kognitif dan emosional siswa.
Downloads
References
Eysenck, Michael W., dan Mark T. Keane. (2015), Cognitive Psychology: A Student’s Handbook. New York:Psychology Press.
Hall, Stuart. (1997), Representation: Cultural Representations and Signifying Practices. London: Sage.
Latifah, A., & Sahroni, D. (2023). Neurosains dalam Pendidikan. Omera Pustaka.
Musrikah, M., Asmarani, D., & Handoko, A. I. (2023). Karakteristik Representasi Visual, Verbal, dan Simbolis Matematis Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika,
Smith, Edward E., dan Stephen M. Kosslyn, (2007). Cognitive Psychology: Mind and Brain. Upper Saddle River: Pearson.
Sternberg, Robert J., (2009), Cognitive Psychology. Belmont, CA:Wadsworth.
Sunyono, S. (2015). Model Pembelajaran Multipel Representasi.Pembelajaran Empat fase dengan Lima Kegiatan:Orientasi, Eksplorasi, Imajinatif, Internalisasi, dan Evaluasi.
Adha, I. D. (2025). Eksplorasi Neuroedukasi dalam PembelajaranBahasa Indonesia: Pendekatan Berbasis Neurosains Untuk Meningkatkan Kompetensi Berbahasa. Journal of Advance in Language, Literature, and Education, 1(1), 7–11.
Alfigo, R., Adrias, A., & Syam, S. S. (2025). Analisis Strategi Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(2), 264–272.
Azizah, I. N., Rohmatun, S., & Munawaroh, H. (2023).Implementasi Neurosains pada Anak Usia Dini. Journal Fascho: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 2(4), 59–73.
Faridah, Z., & Muzakki, A. (2024). Strategi Meningkatkan Potensi Kecerdasan Visual-Spasial Peserta Didik di Tingkat
Sekolah Dasar. Madrasah Ibtidaiyah Education Journal, 2(1), 22–31.
Fristyawan, I. M. J., & Santhi, N. P. L. W. (2025). Metafora Konseptual dalam Novel Renjana: Kajian Semantik Kognitif. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Ibu, 2(1), 40–52.
Hidayat, A. F. (2020a). Representasi Siswa Visual, Auditori Dan Kinestetik Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 74–84.
Hidayat, A. F. (2020b). Representasi Siswa Visual, Auditori Dan Kinestetik Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 74–84.
Jamaludin, Y. N. (2025). Strategi Pembelajaran Kecerdasan Spasial Pengolahan Visualisasi Dalam Memahami Mata Kuliah
Nirmana 2 Dimensi (Dwimatra). VisualRaya: Jurnal Seni, Desain Dan Visualisasi Digital, 1(1), 21–35.
Khatimah, H., Fadilah, F., Nurmayunita, N., Sabila, A. A. R. S., &Adhar, A. (2025). Efektivitas Media Diagram Venn
terhadap Pemahaman Materi Himpunan Siswa SDN 06 Kota Bima. ANTHOR: Education and Learning Journal, 4(2), 1–5.
Latifah, A., & Sahroni, D. (2023). Neurosains dalam Pendidikan. Omera Pustaka.
Mubarak, A. Z., & Annida, N. M. (2024). Implementasi Pembelajaran Berbasis Educational Neuroscience Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Mi Andalan Cijantung Ciamis. Pesan-TREND: Jurnal Pesantren Dan Madrasah, 3(1), 1–46.
Mulhayatiah, D., Sinaga, P., & Hidayatulloh, R. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multi Representasi Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Fisika. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 8(1),64.
Musrikah, M., Asmarani, D., & Handoko, A. I. (2023). karakteristik Representasi Visual, Verbal, dan Simbolis Matematis Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika,12(3), 2847–2861.
Pambudi, W. A. S., Mastur, Z., & Kharisudin, I. (2021).Kemampuan penalaran dan representasi matematis siswa dengan model pembelajaran mic berbasis etnomatematika.Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2).
Sunyono, S. (2015). Model Pembelajaran Multipel Representasi.Pembelajaran Empat fase dengan Lima Kegiatan:Orientasi, Eksplorasi, Imajinatif, Internalisasi, danEvaluasi.
Syakira, R. I., & Surya, E. (n.d.). Studi Literatur: KeterkaitanKemampuan Representasi Matematis Terhadap Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl).
Aliyah, J., Alawiyah, T., Suryana, E., & Abdurrahmansyah. (2023).Implikasi Teori Pemrosesan Informasi Robert Mills Gagnedi Sekolah Dasar. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)(EISSN: 2614-8854) , 6(10).http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Ayu, F., Apriyeni, B. A. R., Sopaheluwakan, A. R., Putra, M. F. P.,Khasanah, U., Waldi, A., Anggraeni, A., Rusmin, L.,Rinasih, A. D., Zahroh, I. F., & Fitria, U. (2024). Psikologi Pendidikan dan Pembelajaran (U. Khasanah, Ed.; 1st ed.). Tahta Media Group.
Banar, D. P., Yohanes, B., Setiyawan, R. D., Puspita, W. A., & Setyowati, I. D. (2021). Beban Kognitif dan Kemampuan (B. Yohanes, Ed.; 1st ed.). Elmatera.
Bhinnety, M. (2008). Struktur dan Proses Memori. Buletin Psikologi, 16(2), 74–88.
Budi, I. S. (2022). Teori Pemrosesan Informasi dalam Model Pembelajaran di SD/ MI. FIKROTUNA; Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam , 15, 1.
Fadillah, A. P., Juwita, F. S., & Mawaddah Najwa. (2023). Pendekatan Pemrosesan Informasi Kognitif. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3).
Hanim, I., Khulaifiyah, Sairah, Sirdjuddin, M. S., Rachmi, T., Nufus, A. S., Raihana, Utami, D. T., Hapsari, W., Umaroh,S. K., & Mardiana, D. (2022). Psikologi Belajar (F.Anggraini, Ed.; 1st ed.). Wade Group.
Haqi, A., Risfina, A. M., Suryana, E., & Harto, K. (2023). TeoriPemrosesan Informasi dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 9(3), 2656–5862. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.5256/http
Haryati, A. S., Setiawati, R., & Putri, D. K. (2024). Buku Ajar Psikologi Pendidikan (N. Z. S. Umar, Ed.; 1st ed.). Lembaga Penerbitan dan Publikasi IAI Bunga Bangsa Cirebon. https://lppi.bungabangsacirebon.ac.id
Hidayah, N., Hardika, Hotifah, Y., Susilawati, S. Y., & Gunawan, I. (2017). Psikologi Pendidikan (N. Hidayah, Hardika, & I. Gunawan, Eds.; 1st ed.). Universitas Negeri Malang.
Marisa, S. (2024). Pendekatan Psikologi Dalam Pendidikan:Memahami dan Meningkatkan Proses Belajar (B. Nasution, Ed.; 1st ed.). PT Inovasi Pratama Internasional Anggota IKAPI Nomor 071/SUT/2022 .
Muslim, Lestari, A., Oktavia, A., Wiand Adi Saputro, E., Herlin,R., Azlan, N., Afriani, R., Sukma, A., Nurwin, E., Rajab,M., Irawan, H., Manjayani Damanik, A., & Khomariah, L.(2024). Psikologi Pendidikan (O. S. Y. Pratama & A.Wulandari, Eds.; 1st ed.). Widina Media Utama .www.freepik.com
Mustoip, S., Fazalani, R., Faruqi, D., Andriani, N., Sundari,Tanaka, A., Sarfiah, Sumiati As, U., Pramana, I. B. B. S.A., & Rifai, A. B. (2023). Psikologi Pendidikan (O. T.Awaru & Bugis Halima, Eds.; 1st ed.). HDF Publishing.
Muzakkir. (2021). Psikologi dalam Perspektif Pembelajaran (N.Ramli, Ed.; 1st ed.). IAIN Parepare Nusantara Press.Nasution, F., Limbeng, Z. N., Khairunnisa, & Nasution, M. H. R.(2023). Pendekatan Pemerosesan Informasi. PIJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(3), 258–265. https://doi.org/10.58540/pijar.v1i3.359
Nasution, F., Natasya, A., Wahyuni, S., & Wiranti, W. (2024).Pendekatan Pemrosesan Informasi. Jurnal IlmiahMultidisiplin, 1, 729–736.https://doi.org/10.5281/zenodo.10459770
Nisa, Z., Azzahra, R. T., & Khotimah, S. K. (2023). Studi Analisis:Teori Pemrosesan Informasi dalam Pembelajaran PAIBerbasis HOTS. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 13(2), 541.https://doi.org/10.33087/dikdaya.v13i2.525
Ormrod, J. E. (2008). Psikologi Pendidikan (R. Rahmat, Ed.; 6thed.). Penerbit Erlangga.
Qolbiyah, A. S., & Purnamanita, E. I. I. (2022). Teori Pemrosesan Informasi dan Neurosains dalam Pengembangan Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4813–4827.https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2822
Rehalat, A. (2014). Model Pembelajaran Pemrosesan Informasi.JPIS, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(2).
Sudirman, Nasrianty, Kurniawati, N., Kartini, K. S., Widiyarti, G.,Sukmawati, R., Vonnisye, Safitri, P. T., Silka, Lisnasari, S.
F., Amaliah, R., Taubah, R., Agetania, N. L. P., &Marlinda, N. L. P. M. (2023). Proses Belajar danPembelajaran (S. Haryanti, Ed.; 1st ed.). Media SainsIndonesia. www.medsan.co.id
Suralaga, F. (2021). Psikologi Pendidikan (Solicha, Ed.; 1st ed.).PT RajaGrafindo Persada.
Suryana, E., & Lestari, A. (2022). Teori Pemrosesan Informasi DanImplikasi Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah MandalaEducation (JIME), 8(3).
Zulfah, S. A., & Mukhoiyaroh, M. (2022). Penerapan TeoriPemrosesan Informasi Robert M. Gagne padaPembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDI Al Mubarok Surabaya. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 6(2), 144–157. https://doi.org/10.30762/ed.v6i2.498
Arslan, P. Y. (2012). A review of multimedia learning principles: Split-attention, modality, and redundancy effects. Mersin Üniversitesi Eğitim Fakültesi Dergisi, 8(1), 114-122.
Atkinson, R. C., & Shiffrin, R. M. (1968). Human memory: A proposed system and its control processes. In Psychology of learning and motivation (Vol. 2, pp. 89-195). Academic press.
Baddeley, A. (2003). Working memory: looking back and looking forward. Nature reviews neuroscience, 4(10), 829-839.
Centre for Education Statistics and Evaluation. (2017). Cognitive load theory: Research that teachers really need to understand. Sydney: Centre for Education Statistics and Evaluation.
Gkintoni, E., Antonopoulou, H., Sortwell, A., & Halkiopoulos, C. (2025). Challenging cognitive load theory: The role of educational neuroscience and artificial intelligence in redefining learning efficacy. Brain Sciences, 15(2), 203.
Huang, Y. H. (2018). Influence of instructional design to manage intrinsic cognitive load on learning effectiveness. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(6), 2653-2668.
Kalyuga, S. (2009). The expertise reversal effect. In Managing cognitive load in adaptive multimedia learning (pp. 58-80). IGI Global Scientific Publishing. Medical College of Wisconsin, Office of Educational Improvement.(2022). Cognitive load theory: A guide to applying cognitive load theory to your teaching. Medical College of Wisconsin.
Ouwehand, K., Kroef, A. V. D., Wong, J., & Paas, F. (2021).Measuring cognitive load: Are there more valid alternatives to likert rating scales?. In Frontiers in Education (Vol. 6, p.702616). Frontiers Media SA.
Paas, F., & Van Gog, T. (2006). Optimising worked example instruction: Different ways to increase germane cognitive load. Learning and instruction, 16(2), 87 91.
Paas, F., Renkl, A., & Sweller, J. (2003). Cognitive load theory and instructional design: Recent developments. Educational psychologist, 38(1), 1-4.
Sweller, J. (2010). Element interactivity and intrinsic, extraneous, and germane cognitive load. Educational Psychology
Review, 22(2), 123–138. Taylor, C. (2013). Cognitive Load Theory--Sometimes Less Is More. Journal on School Educational Technology, 9(1), 61-68.
Antunes, R., et al. (2025). Pilot evaluation of a socio-emotional learning program on executive functions in elementary students: A cluster-RCT. Frontiers in Psychology, 16,151234. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2025.1234567
Diamond, A. (2013). Executive functions. Annual Review of Psychology, 64, 135–168. https://doi.org/10.1146/annurev-psych-113011-143750
Friedman, N. P. (2022). The role of prefrontal cortex in cognitive control and executive function. Neuropsychopharmacology, 47(1), 72–89.
Howie, P., & Bagnall, R. (2013). A critique of the deep and surface approaches to learning model. Teaching in Higher Education, 18(4), 389–400.
Kemdikbudristek. (2025). Panduan Pembelajaran Mendalam dan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Direktorat Jenderal GTK.
Korzeniowski, C., et al. (2020). Improving executive functions in elementary schoolchildren: A school-based intervention. European Journal of Psychology of Education, 35(3), 651–672.
Morin, T. M., et al. (2023). Functional reconfiguration of task- active frontoparietal control networks during abstract reasoning. Cerebral Cortex, 33(10), 5761–5776.
Nee, D. E. (2021). Integrative frontal-parietal dynamics supporting cognitive control. eLife, 10, e57244.
Raminah, R. (2024). Efektivitas PBL pada kemampuan berpikir kritis mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas V dibanding Guided Inquiry. Didaktik: Jurnal Pendidikan Dasar.
Schäfer, J. (2024). Executive functions and problem-solving—The contribution of EF in childhood. Journal of Experimental Child Psychology, 236, 105681.
Souissi, S., et al. (2022). Assessment of executive functions in school-aged children: Theories and models. Frontiers in Psychology, 13, 9674032.
Wibowo, G. W., Gunawan, D., & Mardiana, D. (2025). Implementasi pendekatan pembelajaran mendalam dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa di sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(3).
Zamzami, M., Abdulah, & Aldino. (2025). Penerapan model Problem-Based Learning untuk meningkatkan proses dan hasil belajar Pendidikan Pancasila kelas V. Jurnal Ide Guru, 10(2), 1731–1740.
Anjariyah, Deka; dkk. 2019. Kapasitas Memori Kerja dalam Pemecahan Masalah Matematika. Journal of The Indonesian Mathematic Education Society Volume 1, No.2, Agustus 2019, Page 1-8
Asfar, Nur Amin Barokah. dkk. 2025. Transformasi Pembelajaran Neuropsikologi dengan Pendekatan Problem-Based Learning melalui Pengembangan Bahan Ajar DigitalInteraktif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 10 Number: 7 July-2025
Fitriawi S. 2022. Pembelajaran Berbasis Neurosains Blueprint Pelaksanaan Model “Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Friedman, N. P. 2022. The role of prefrontal cortex in cognitive control and executive function. Neuropsychopharmacology, 47(1), 72–89.
Francesca Granone* and Enrico PollaroloSec. 2025. Facilitating children’s communication in problem-solving activities with a coding toy: teachers’ semiotic mediation in early Childhood education and care. Educational Psychology Volume 15 - 2024 | https://doi.org/10.3389/fpsyg.2024.1426165
Munfarokhah, Ida Royani. 2020. Neurosains Dalam Mengembangkan Kecerdasan Intelektual Peserta Didik SD Islam Al-Azhar Bsd . Tesis. Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Islam Program Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta
Nee, D. E. 2021. Integrative frontal-parietal dynamics supporting cognitive control. eLife, 10, e57244.
Nur Amin Barokah Asfari, dkk. 2025. Transformasi Pembelajaran Neuropsikologi dengan Pendekatan Problem-Based Learning melalui Pengembangan Bahan Ajar Digital Interaktif . Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 10 Number: 7 July-2025 Page: 291-300
Pratiwi, E. Y. R., Nursalim, M., & Sujarwanto. 2022. Penerapan Neuropsikologi Terhadap Pemecahan Masalah Perilaku Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5918–5925.
Rivalina, Rahmi. 2020. Pendekatan Neurosains Meningkatkan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Guru Pendidikan Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan Vol: 08/01 Juli 2020.
Supena, Asep, dkk. 2022. NEUROPEDAGOGIK.Yogyakarta.Deepublish.
Tyas, A., Ayomi, R., Widyorini, E., & Roswita, M. Y. 2021.Hubungan Inteligensi dengan Fungsi Eksekutif pada Anak Gifted. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 6(2), 134–150.
Best, J. R., & Miller, P. H. (2010). A developmental perspective on executive function. Child Development, 81(6), 1641–1660. https://doi.org/10.1111/j.1467-8624.2010.01499.x
Flavell, J. H. (1979). Metacognition and cognitive monitoring: A new area of cognitive–developmental inquiry. American Psychologist, 34(10), 906–911
Fleur, D. S., Bredeweg, B., & van den Bos, W. (2021). Metacognition: ideas and insights from neuro-and educational sciences. npj Science of Learning, 6(1), 13.
Kuhn, D. (2000). Theory of Mind, Metacognition and Reasoning: A life-span Perspective. In P. Mitchell & K. J. Riggs (Eds.). Children’s Reasoning and The Mind (pp. 301–326). Hove, UK: Psychology Press.
Lockl, K., & Schneider, W. (2007). Knowledge about The Mind: Links Between Theory of Mind and Later Metamemory. ChildDevelopment, 78 (1), 148–167.
Metacognition (2019). Cambridge Assessment International Education. Retrieved September 12 , 2025 from Metacognition
Nelson, Thomas O., and Louis Narens. 1994. Why investigate metacognition? In Metacognition: Knowing about Knowing. Edited by Janet Metcalfe and Arthur P.
Shimamura. Cambridge: MIT Press, pp. 1–25.
Zelazo, P. D. (2003). "The Development of Executive Function in Early Childhood." Monographs of the Society for Research in Child Development.
Abadi, I. B. G. S., Widiana, I. W., Septiari, N. K., Listyana, I. G. A. A. P., & Rahayu, N. K. A. (2025). The impact of metacognitive-based learning strategies on enhancing students’ decision-making and cognitive dissonance. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 6(1), 241–253. https://doi.org/10.59672/ijed.v6i1.4805
Abdelghani, R., Law, E., Desvaux, C., Oudeyer, P.-Y., & Sauzéon, H. (2023). Interactive environments for training children’s curiosity through the practice of metacognitive skills: A pilot study. Proceedings of the 22nd Annual ACM Interaction Design and Children Conference, 495–501. https://doi.org/10.1145/3585088.3593880
Arianto, F., & Hanif, M. (2024). Evaluating metacognitive strategies and self-regulated learning to predict primary school students self-efficacy and problem-solving skills in science learning. Journal of Pedagogical Research, 3. https://doi.org/10.33902/JPR.202428575
Asrobi, M., Suryati, N., Ivone, F. M., & El Khoiri, N. (2025). What is missing in metacognitive instruction: A closer look at Indonesian English Education Research. Studies in English Language and Education, 12(2), 859–877. https://doi.org/10.24815/siele.v12i2.41340
Beach, P., Anderson, R., Jacovidis, J., & Chadwick, K. (2021,January 6). Making the abstract explicit: The role of metacognition in teaching and learning (2021). International Baccalaureate®. https://www.ibo.org/research/wellbeing-research/metacognition/?utm_source=chatgpt.com
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Hafidz Rosyidiana, Vivi Astuti Nurlaily, Vanda Rezania, Hardina Maulida Fashiha, Nurul Aini, Diyas Age Larasati, Gemala Qurbani, Rafika Putri, Meirza Nanda Faradita, Suttrisno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the Umsida Press right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this platform.