Buku Ajar Tes Rorschach (Pengantar Dan Manual Pengguna)

Main Article Content

Dwi Nastiti

Abstract

Dalam proses belajar mengajar sarana pendukung sangat dibutuhkan, terutama bagi mahasiswa, didalam usaha untuk lebih mudah memahami materi yang ingin dikuasainya. Di Fakultas Psikologi, ada beberapa mata kuliah yang mengharuskan mahasiswa melakukan praktikum, yaitu pada mata kuliah psikodiagnostik, salah satunya adalah Tes Rorschach. Sarana pendukung selain alat tes juga dibutuhkan materi tentang alat tes tersebut dalam bentuk buku ajar yang berisikan pengantar dan manual bagi pengguna alat tes tersebut. Oleh karena itu, keberadaan buku ini sangat dibutuhkan bagi siapa saja yang ingin mengetahui tentang tes psikologi (terutama mahasiswa) mengingat dalam pelaksanaan praktikumnya mengandung tahapan-tahapan yang harus betul betul dipahami dan bisa dengan mudah dan benar dipraktekkan oleh mahasiswa. Buku tentang Tes Rorschach yang berbahasa Indonesia tidak tersedia di luar, karena disusun hanya untuk konsumsi mahasiswa S-1 yang ingin mempelajarinya sesuai kurikulum Program Studi. Penulis berusaha menyusunnya untuk untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Tentu saja tulisan ini jauh dari sempurna, untuk itu kritik dan saran sangat dibutuhkan penulis guna penyempurnaan kekurangan-kekurangan yang ada.Mudah-mudahan, dengan perkenan Allah SWT, buku materi tentang Tes Rorschach bisa diterima, dan memberi manfaat dan kebaikan bagi siapa saja yang membutuhkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Nastiti, D. (2021). Buku Ajar Tes Rorschach (Pengantar Dan Manual Pengguna). Umsida Press, 1-328. https://doi.org/10.21070/2017/978-979-3401-58-4
Issue
Section
Buku Ajar

References

Klopfer, B & Davidson, H.H, 1962. The Rorschach Technique. An Introduction Manual. Harcourt, Brace, & World, Inc., New York, USA.
Phillips, L. & Joseph G. Smith, 1963. Rorschach Interpretation : Advanced Technique. Grune & Stratton, New York, USA.