Buku Ajar Tes Rorschach (Pengantar Dan Manual Pengguna)

Authors

  • Dwi Nastiti Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.21070/2017/978-979-3401-58-4

Keywords:

Buku Ajar, Tes, Rorschach

Abstract

Dalam proses belajar mengajar sarana pendukung sangat dibutuhkan, terutama bagi mahasiswa, didalam usaha untuk lebih mudah memahami materi yang ingin dikuasainya. Di Fakultas Psikologi, ada beberapa mata kuliah yang mengharuskan mahasiswa melakukan praktikum, yaitu pada mata kuliah psikodiagnostik, salah satunya adalah Tes Rorschach. Sarana pendukung selain alat tes juga dibutuhkan materi tentang alat tes tersebut dalam bentuk buku ajar yang berisikan pengantar dan manual bagi pengguna alat tes tersebut. Oleh karena itu, keberadaan buku ini sangat dibutuhkan bagi siapa saja yang ingin mengetahui tentang tes psikologi (terutama mahasiswa) mengingat dalam pelaksanaan praktikumnya mengandung tahapan-tahapan yang harus betul betul dipahami dan bisa dengan mudah dan benar dipraktekkan oleh mahasiswa. Buku tentang Tes Rorschach yang berbahasa Indonesia tidak tersedia di luar, karena disusun hanya untuk konsumsi mahasiswa S-1 yang ingin mempelajarinya sesuai kurikulum Program Studi. Penulis berusaha menyusunnya untuk untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Tentu saja tulisan ini jauh dari sempurna, untuk itu kritik dan saran sangat dibutuhkan penulis guna penyempurnaan kekurangan-kekurangan yang ada.Mudah-mudahan, dengan perkenan Allah SWT, buku materi tentang Tes Rorschach bisa diterima, dan memberi manfaat dan kebaikan bagi siapa saja yang membutuhkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Klopfer, B & Davidson, H.H, 1962. The Rorschach Technique. An Introduction Manual. Harcourt, Brace, & World, Inc., New York, USA.

Phillips, L. & Joseph G. Smith, 1963. Rorschach Interpretation : Advanced Technique. Grune & Stratton, New York, USA.

Downloads

Published

2021-08-22

How to Cite

Nastiti, D. (2021). Buku Ajar Tes Rorschach (Pengantar Dan Manual Pengguna). Umsida Press, 1–328. https://doi.org/10.21070/2017/978-979-3401-58-4

Issue

Section

Text Book

Categories