Buku Ajar Matematika Dasar

Main Article Content

Mohammad Faizal Amir
Bayu Hari Prasojo

Abstract

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala anugerah dan rahmat-Nya, sehingga Buku Ajar Matematika Dasar edisi revisi untuk Tingkat Perguruan Tinggi ini dapat terselesaikan dengan baik. Buku ajar Matematika Dasar ini terdiri dari 9 Bab Materi Perkuliahan, yang terdiri dari (1) Sistem Bilangan Real; (2) Himpunan; (3) Persamaan dan Pertidaksamaan Linear; (4) Fungsi; (5) Matriks; (6) Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak; (7) Limit dan Kekontinuan; (8) Turunan; (9) Integral.Materi ini merupakan satu kesatuan materi yang dipelajari oleh mahasiswa secara menyeluruh dan tak terpisahkan selama satu semester karena merupakan satu kesatuan yang utuh dalam Capaian Kompetensi di Rencana Pembelajaran Semester . Tujuan diterbitkan buku ini untuk membantu mahasiswa agar dapat menguasai konsep matematika dasar secara mudah, dan utuh. Di samping itu pula, buku ini dapat digunakan sebagai acuan bagi dosen yang mengampu mata kuliah Matematika Dasar ataupun mata kuliah matematika yang lain. Isi buku ini memuat 5 komponen utama yaitu; pendahuluan, penyajian materi, rangkuman, latihan dan daftar pustaka. Buku Ajar Matematika Dasar Edisi Revisi untuk Tingkat Perguruan Tinggi ini diterbitkan oleh UMSIDA Press. Buku Ajar ini merupakan buku terbitan edisi kedua setelah adanya perbaikan revisi dan penambahan materi dari edisi. Saran dan masukan oleh para pengguna sangat kami harapkan untuk kesempurnaan isi buku ajar ini di masa yang akan datang. Semoga Buku Ajar ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa, dosen dan siapa saja yang menggunakannya untuk kemajuan pendidikan di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) khususnya dan kemajuan pendidikan di Indonesia pada umumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Amir, M. F., & Prasojo, B. H. (2021). Buku Ajar Matematika Dasar. Umsida Press, 1=197. https://doi.org/10.21070/2017/978-979-3401-66-9
Issue
Section
Buku Ajar

References

Anton, Howard. 1987. Aljabar Linier Elementer Edisi Kelima. Erlangga: Jakarta.
Bumolo, H. dan Musinto, D. 2012. Matematika Bisnis untuk Ekonomi dan Aplikasinya Edisi 7. Bayumedia Publishing: Malang.
Bush, G. A. 1973. Foundations of Mathematics with Application to the Social and Management Sciences. San Francisco: McGraw-Hill Book Company.
Devine, D. F. and Kaufmann J. E. 1983. Elementary Mathematics for Teachers. Canada: John Wiley & Sons.
Heri, Roberto. 2005. Buku Ajar Kalkulus I. Undip Press: Semarang. Kusmartono dan Rawuh. 1983. Matematika Pendahuluan. Bandung: Institut Teknologi Bandung.
Leithold dan Hutahaean. 1992. Kalkulus dan Ilmu Ukur Analitik : Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Lipschutz, S. 1981. Set Theory and Related Topics. Singapore: McGraw-Hill International Book Company.
Lipschutz, S., Hall, G. G., dan Margha. 1988. Matematika Hingga.Jakarta: Erlangga.
Moesono, Djoko. 1988. Kalkulus I. Unesa University Press: Surabaya.
Purcell, E.J. dan Verberg, D. 1995. Kalkulus dan Geometri Analitis :Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Rachmad, 2004, Relasi dan Fungsi, p4tk matematika, Yogyakarta.Ruseffendi, E. T. 1989. Dasar-dasar Matematika Modern dan
Komputer untuk Guru. Bandung: Tarsito. Ruseffendi. 2005. Dasar-dasar Matematika Modern dan Komputer. Tarsito, Bandung.
Suherman, E. 1991. Perkenalan dengan Teori Himpunan. Bandung: Wijayakusumah.
Sukirman, 2006, Matematika, Universitas Terbuka, Jakarta. Wheeler, R. E. 1984. Modern Mathematics : An Elementary Approach. California: Wadsworth, Inc.
Zuckerman, M.M., 1985, College Algebra, John Willey and Sons,New York.