Buku Ajar Sistem Penjaminan Mutu Pesantren

Main Article Content

Istikomah
Taufik Churahman
Budi Haryanto

Abstract

Buku ini merupakan handbook bagi mahasiswa Prodi Magister Manajemen Pendidikan Islam (Pasca Sarjana FAI UMSIDA). Sejalan dengan perkembangan zaman, pesantren kini mengalami perubahan. Sebagian pesantren tetap mempertahankan pola dan gaya pendidikan pesantren salaf, yakni pesantren yang masih menganut sistem lama dan menekankan pada pengajaran kitab kuning, namun tipologi ini semakin hari jumlahnya semakin kecil. Tipe pesantren yang kini terus berkembang adalah pesantren kholaf yakni pesantren modern yang sudah kooperatif terhadap perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tipologi pesantren kholaf ini yang kini terus berkembang dengan formulasi yang terintegratif dengan memadukan antara madrasah dan sekolah serta mengintegrasikan ilmu pengetahuan agama dan umum serta tekniologi informasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Istikomah, Churahman, T., & Haryanto, B. (2022). Buku Ajar Sistem Penjaminan Mutu Pesantren. Umsida Press, 1-79. Retrieved from https://press.umsida.ac.id/index.php/umsidapress/article/view/1290
Issue
Section
Buku Ajar

References

Akbarjono, Ali. 2014. “Konsep Mutu Dalam Perspektif Konsumen Pendidikan.” At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam 13(1).
Alwi, B. Marjani. 2013. “Pondok Pesantren: Ciri Khas, Perkembangan, Dan Sistem Pendidikannya.” Lentera Pendidikan 16(2):205–19.
Amin, Nasrul, Feri Siswanto, and Lukman Hakim. 2018. “Membangun Budaya Mutu Yang Unggul Dalam Organisasi Lembaga Pendidikan Islam.” Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2(1):94–106.
Aminudin, Kohar. 2019. Sistem Penjaminan Mutu Internal Di Sekolah Dasar. Lampung: CV. IQRO.
Arcaro., Jerome S. 2005. Pendidikan Berbasis Mutu, Prinsip-Prinsip Perumusan Dan Tata Langkah Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azra, Azyumardi. 2012. Pendidikan Islam:Tradisi Dan Modernisasi Di Tengah Tantangan Millenium III. Jakarta: UIN Jakarta Press.
Baharun, H. 2017. Manajemen Mutu Pendidikan. Tulungagung: Akademia Pustaka.
Budiharyanto, and Istikomah. 2020. Manajemen Mutu Pndidikan Islam. Sidoarjo: UMSIDA PRESS.
Christopher, William, and Indrastanti Ratna Widiasari. 2021. “Penerapan Knowledge Sistem Informasi
Penjaminan Mutu Fakultas Berbasis Web Di FTI-UKSW.” Journal of Information Systems and Informatics3(1):31–44.
Dali, Zulkarnain. 2013. “Manajemen Mutu Pondok Pesantren.” At’Ta’lim 12(1):135–51.
Doglas, George Ritzer, and Goodman J. 2004. Teori Sosiologis Modern, Terj. Alimadan. Jakarta: Prenada Media.
Fahham, Achmad Muchaddam. 2019. “Pesantren Sebagai. Penyelenggra Pendidikan.” Lpmpdki.Kemdikbud.Go.Id. Retrieved (https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/.).
Goldberg, David Edward. 1989. Genetic Algorithms in Search, Optimization, and Machine Learning. Universitas Michigan: Addison-Wesley Publishing Company.
Hanif, Nanda Fajrul. 2020. “Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Di Pondok Pesantren Al-Husna Samarinda Seberang.” Salimiya 1(3):2721–7078.
Hasibuan. 1995. Manajemen Sumber Daya Manusia: Dasar Dan Kunci Keberhasilan. Jakarta: Toko Gunung Agung.
Husna, Khamilatul. 2020. Sistem Penjaminan Mutu Internal Madrasah Berbasis Nilai-Nilai Pesantren. Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Indonesia, Republik. 2019. Undang Undang Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren. dokumen negara (Undang-undang republik Indonesia tentang pesantren) (006344): 48.
Istikomah. 2017. Integrasi Sekolah Dan Madrasah Ke Dalam Sistem Pesantren Untuk Pengembangan Pendidikan Islam. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Karimah, Ummah. 2018. “Pondok Pesantren, Dan Tujuan Pendidikan.” Misykat 3(1):137–54.
Keislaman, Kajian. 2016. Pendidikan Sepanjang Hayat Menurut Perspektif Islam (Kajian Tafsir Tarbawi ).
Kemdikbud RI. 2016. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan. 2016. Pedoman Umum Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar Dan Menengah.”.
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. 2019. Panduan Penyusunan Dokumen SPMI.
Kisbianty, Desi. 2016. “Pemodelan Sistem Informasi Penjaminan Mutu Untuk Kegiatan Penelitian Di Lembaga
Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat (Studi Kasus : Stikom Dinamika Bangsa Jambi).” Jurnal Ilmiah Media Sisfo 10(1).
Legowo, Mercurius Broto, Budi Idiarto, and Deden Prayitno. 2019. “Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Penjaminan Mutu.” Pp. 36–41 in In Prosiding SNST. UNIKOM.
Ma’ruf, Husen, Ahmad, and Jasminto Jasminto. 2019. “Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Pesantren Tradisional Di Era Millenial.” PIWULANG 2(1):49.
Madjid, Nurcholis. 2010. Bilik-Bilik Pesantren : Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Dian Rakyat.
Makinuddin, Muhammad. 2019. “Penjaminan Mutu Pendidikan Pesantren.” MIYAH: Jurnal Studi Islam15(2):239–56.
Malik, Abdul, Dkk. 2021. Pedoman Akreditasi Sekolah Dan Madrasah Tahun 2021. Jakarta: BADAN AKREDITASI NASIONAL SEKOLAH/MADRASAH.
Munjin, Munjin. 1970. “Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Di Madrasah.” KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 7(2).
Muthahhari, Murtadha. 1998. Perspektif Al-Quran Tentang Manusia Dan Agama. Mizan.
Muthohar, Ahmad. 2007. Ideologi Pendidikan Pesantren. Semarang: Pustaka Rizki Putra.
Nihwan, Muhammad, and Paisun. 2019. “Tipologi Pesantren (Mengkaji Sistem Salaf Dan Modern).” Jpik2(1):59–81.
Nuraeni, Yeni. 2010. “Perancangan Sistem Informasi Penjamian Mutu Perguruan Tinggi Bidang Sumber Daya Manusia.” Journal of Informations Systems 6(1):32–43.
Nuryana, and Eny Sukandari I. Kadek Dwi. 2016. “Rancang Bangun Sistem Informasi Unit Penjaminan Mutu ( Ujm ) Teknik Informatika Di Universitas Negeri Surabaya.” Jurnal Manajemen Informatika 5(1).
Permenristekdikti. 2018. Pedoman Sistem Penjaminan Mutu Internal -Pend. Akademik, Vokasi, Profesi Dan PJJ.
Pramungkas, Patrea Reola. 2020. “Sistem Informasi Manajemen Sekolah Berbasis Information Communication
Technology ( ICT) Dalam Peningkatkan Mutu Pendidikan Siswa Di Lingkungan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 3(2):1–18.
Prayoga, Sugeng. 2020. “Pendampingan Implementasi Spmi Di Sekolah Model Dan Sekolah Imbas Sma Kota Mataram 2019.” Jurnal Paedagogy 7(1):25–34.
RI, Dirjen Pendis Kementrian Agama. 2010. Rencana Strategik Pembangunan Pendidikan Islam. Jakrta.
Rolliawati, D., A. Yusuf, and A. S. Hamdani. 2018. “Desain Prototipe Sistem Informasi Penjaminan Mutu Internal Berbasis Standar Nasional Pendidikan Tinggi.” Pp. 167–173 in Seminar Nasional Inovasi Dan Aplikasi Teknologi Di Industri 2018. Vol. 4.
Subhan, Arief. 2012. Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia Abad 20. Jakarta: Kencana.
Suhendri, S. 2015. “Perancangan Arsitektur Sistem Informasi Sekolah Dengan The Open Group Architecture Framework (Togaf) (Studi Kasus: Pondok Pesantren Ar-Rahmat).” Infotech Journal 1(2):236609.
Sukmadinata, Nana Syaodih, Ayi Novi Jami’at, Ahman, and Anna Susana. 2002. Pengendalian Mutu Pendidikan
Sekolah Menengah: Konsep, Prinsip Dan Instrumen. Bandung: Kusuma Karya.
Sulistiyarini, Dewi, Mustofa, and Saputro Marhadi. 2018. “Pengembangan Ssitem Informasi Penjaminan Mutu IKIP PGRI Pontianak.” Pendidikan Informatika Dan Sains 7(1):11–27.
Syafaruddin. 2005. Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. J. Jakarta: Ciputat Press.
Thohir, Ajid. 2009. Perkembangan Peradaban Di Kawasan Dunia Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tolib, Abdul. 2015. “Pendidikan Di Pondok Pesantren Modern Terpadu.” Risalah 1(1):60–66.
Ucu Kurniawan. 2020. “Penerapan Manajemen Pendidikan Diniyah Formal (Pdf) Di Pondok Pesantren AlMunawwarah Pekanbaru.” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Uwes, Sanusi. 1999. Manajemen Pengembangan Mutu Dosen. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.Copyright © Author(s). This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution License (CC-BY)
Wijaya, Etistika Yuni, Dwi Agus Sudjimat, and Amat Nyoto. 2016. “Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global.” Universitas Negeri Malang. 1(1):263–78.
Zazin, Nur. 2011. Gerakan Menata Mutu Pendidikan: Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media