Buku Ajar Perilaku Organisasi & Kepemimpinan Pendidikan Islam
Abstract
Puji syukur kita panjatkan ke hadhirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmad, nikmad dan Hidayah-Nya, sehingga buku Manajemen Kepemimpininan Pendidikan Islam ini dapat terselesaikan. Buku ini merupakan handbook bagi mahasiswa Prodi Magister Manajemen Pendidikan Islam (Pasca Sarjana FAI UMSIDA). Sesusai dengan CP (Capaian Pembelajaran) yang telah ditetapkan mahasiswa program studi Magister Manajemen Pendidikan Islam (MMPI) bahwa lulusanya nanti akan menjadi akademisi dan praktisi (Kepala Sekolah, tenaga pendidik, trainer, konsultan pendidikan, supervisor, leader, administrator dan lainya), maka ilmu manajemen dan khususnya manajemen kepemimpinan pendidikan merupakan hal sangat penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa tersebut. Memasuki era global dan milenial pengelolaan lembaga pendidikan lebih-lebih lembaga pendidikan Islam membutuhkan paradigm baru dalam pengelolaanya. Tanpa dilakukan perubahan, maka penyelenggaraan pendidikan akan mengalami krisis kepercayaan yang bermuara akan ditinggalkan oleh stake holder. Prinsip umum dalam penyelenggaraan sekolah atau lembaga pendidikan adalah prinsip efektif. Lembaga pendidikan dikatakan efektif jika terdapat ketepatan dan kesesuaian antara tujuan ada. ditetapkan dengan hasil yang dicapai. Dalam mewujudkan ini semua peran kepala sekolah selaku manajer dan leader sangat penting dalam melakukan koordinasi, menggerakkan serta menyerasikan semua sumber daya yang ada. Peran pemimpin disini merupakan leading sector yang harus mampu mendorong semua stakeholder untuk bisa mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran sekolah atau lembaga pendidikan melalui program-program yang telah ditetapkan dan disepakati bersama. Oleh sebab itu kepala sekolah dituntut untuk memiliki kecakapan dan kemampuan dalam mengambil keputusan yang tepat bijak dengan menyesuaikan dengan sumber daya yang ada.
Downloads
Metrics
References
A, Bass. Kepemimpinan Kreatif dan Inovatif, Jakarta, Erlangga Press, 2013.
A, Simanjuntak, Prinsip-Prinsip Manajemen Bisnis Keluarga (Family Business) Dikaitkan Dengan Kedudukan Mandiri Perseroan Terbatas (PT). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan 12, 2010.
A.H, Hujair, Dan Sanaky, Permasalahan dan Penataan Pendidikan Islam menuju Pendidikan Yang Bermutu, EL-TARBAWI : Jurnal Pendidikan Islam, 01, 2018, 83-97.
Afiful Ikhwan, Sistem Kepemimpinan Islami: Instrumen Inti Pengambil Keputusan pada Lembaga Pendidikan Islam, ISTAWA : Jurnal Pendidikan Islam, 03, 2018, 111-154..
Agustini, Pengelolaan dan Unsur-unsur Manajemen, Jakarta: Citra Pustaka, 2013.
Ahmadi, Abu dan Salami, Noor, Dasar-Dasar Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2004.
Al-Anshoriy Abd.al-Hamid Ismail, Nizham al-Hukmi fi al Islam Qothar:Dar al-Qatharayin al-Fujaah,1985.
Al-Hasyimi, Abdul Hamid,Mendidik Ala Rasulullah, Jakarta: Pustaka Azam, 2001.
Ali , Lukman dkk., Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1997.
Ali, Abdullah Yusuf, The Holy Quran, Text, Translation and Comentary, Lahore: Shaikh Muhammad Ashraf, 1938.
Ali, Atabik & Mudlor, Ahmad Zuhdi, Kamus Kontemporer Arab Indonesia, Yogyakarta: Yayasan Ali Maksum.
Al-Maraghi, Ahmad Mustafa, Tafsir al-Maraghi... 3271.
Al-Shalih, Subhi, Ulum al-Hadis wa Mushthalahuhu, Beirut : Dar al- ‘Ilm Ii al-Malayin, 1973.
Al-Zuhayli, Wahbah, Ushul al-Fiqh al-Islami, Beirut: Dar al-Fikr, 1986.
Anthony, Robert N & Govindarajan, Vijay, Sistem Pengendalian Manajemen, Jakarta Salemba Empat, 2000.
Arifin, M, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2011
Arifin, Muzayyin, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Arifudin, Arif, Pengantar Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Kultura,2008.
Asrofa, Hanun, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.
Awwaliyah, Robiatul dan Baharun, Hasan, Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional (Telaah Epistimologi Terhadap Problematika Pendidikan Islam), Didaktika, 19, 2018, 34-49.
Bukhari, dkk, Azas-Azas Manajemen, Yogyakarta: Aditya Media, 2005.
C, Turney, dan Hatton, N, dkk, The School Leader; Educational Management Roles and Task, Austria : Allen & Unwim, 1992.
Danim, Sudarman, Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok, Jakarta Asdi Mahasatya, 2004.
Daud Ali, Muhammad, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT. RajaGrapindo Persada, 2006.
David, R, Fred, Strategic Management Manajemen Strategi Konsep, Edisi 12, Jakarta: Salemba Empat, 2011.
Departemen Agama RI, Panduan Organisasi Santri, Jakarta : CV. Khatoda, 2004.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Panduan Manajemen Sekolah , Jakarta :Tp, 1999.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia , Jakarta : Balai Pustaka Edisi Ketiga, 2001.
Departement Agama RI Direktorat Jenderal kelembagaan Islam, Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah Pertumbuhan dan Perkembangannya, Jakarta, 2003.
Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia, Jakarta: LP3ES, 2011.
Dimas,dkk, Dasar-dasar Manajemen Actuating, Bandung: Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung), 2010.
Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam, Direktorat Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren, Petunjuk Teknis Penyelnggaraan Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun Pada Pondok Pesantren Salafiyah, 2005.
Djumhur, Sejarah Pendidikan, Bandung CV Ilmu, 1959.
Donosepoetro, Marsetio, Manajemen dalam Pengertian dan Pendidikan Berpikir, Surabaya:Usaha Nasional,1982.
Efendi, Nur, Islamic Education Leadership, Yogyakarta, Parama Publishing, 2015.
Eka Mahmud, Muchammad, Motif Penyelenggaraan Pendidikan Islam Dan Implikasinya Pada Pola Manajemen Dan Kepemimpinan, Jurnal Tarbiyah, 1-18.
Ensiklopedi Islam/penyusun, Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam, Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve, 1994.
Fajar, Malik, Holistika Pemikiran Pendidikan, Jakarta : Grafindo Persada , 2005.
Fatih Rusydi Sadzili, Muhamad, Model Kepemimpinan Pengembangan Potensi Pemimpin Pendidikan Islam, Cendekia : Jurnal Studi Keislaman, 4, Desember 2018, 127-136.
Fattah, Nanang, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya, 1999.
Fauzi, Ahmad, Emotional Inteligence dan Perilaku Kepemimpinan Pendidikan Islam, Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendididikan Islam, 2, 2018 : 114-128.
Gibson, James L. et al. Organizations: Behavior, Structur, Processes, International Edition, New York: McGraw-Hill/Irwin, 2009.
Ginanjar, M.Hidayat dan As-Surur, Marfuah, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Pedagogik Guru. Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 3 Karawang Jawa Barat, Islamic Manajemen : Jurnal Manajemen PendidikanIslam, 01, 2018, 207-232.
Ginanjar, M.Hidayat dan Wartono, Karakteristik Kepemimpinan Pendidikan Islam Berbasis Masjid, Islamic Manajemen : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 01, Januari 2018, 1-21.
Goleman, Daniel, Kepemimpinan Berdasarkan Kecerdasan Emosi, EdisiKetiga, Jakarta, Gramedia, 2004.
Hamdani, Ihsan, H dan. Fuad Ihsan, H. A, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung : Pustaka Setia. 2007.
Hamid, Abdul, Fiqih Ibadah, Curup: LP2 STAIN Curup, 2010.
Handoko, T, Manajemen Organisasi dan Teori Kepemimpinan, Jakarta, Budi utama, 2012.
Hariadi, Bambang, Strategi Manajemen. 9Malang, Banyumedia Publishing, 2003.
Hasan, Langlung, Beberapa Pemikiran Tentang Pendidikan Islam, Bandung : Al Ma’arif, 1978.
Hasibuan, Malayu S.P, Manajemen Sumber Daya Manusia: Dasar dan Kunci Keberhasilan, Jakarta: CV Haji Masagung, 1990.
Hasibuan, Malayu, S.P,. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta , Bumi Aksara, 2013.
Hawking, Joyce M., Kamus Dwi Bahasa, Jakarta : Erlangga, 1996.
Hidayat, Rahmat dan Wijaya, Candra, Ayat-ayat Al-Qur’an Tentang Manajemen Pendidikan Islam, Medan : LPPI 2017.
Hifza dkk, Kepempinan Pendidikan Islam Dalam Perspektif Interdisipliner, Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 05, 2020, 46-61.
HM, Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bina Aksara, 1987.
Ibn Rush, Abidin, Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan Islam,Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998.
Idris, Zahara, Dasar-Dasar Kependidikan, Padang : Angkasa Raya, 1981.
Istikomah, Integrasi Ilmu Sebuah Konsep Pendidikan Ideal, Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 28, 2017 : 411.
J.G, C.A. Hunt & Hosking, Leaders and Managers: An International Perspective on Managerial Behavior and Leadership, New York: Pergamon Press. 1998.
John M, Ivancevich, dkk, Perilaku dan Manajemen Organisasi, Jakarta : Erlangga, 2006.
Kartono, Kartini. Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kasali , Rhenald, The Great Shifting, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2018.
Khalil al-Qat, Manna’ ṭt ṭan M, abahis fi ‘Ulumil Qur’an, Terj. Mudzakir As, Studi Ilmu-Ilmu Alquran, Jakarta: PT. Pustaka Litera Antar Nusa, 2007.
Khamdani, Puji, Kepemimpinan dan Pendidikan Islam, Jurnal Madaniyah edisi VII, Agustus ,2014.
Kholifah Harahap, Emmi, dan Sumarto, Kepemimpinan Pendidikan Islam dalam Upaya Benchmarking, Jurnal Literasiologi, 3 , 2020 : 107-116.
Langgulung, Hasan, Ilmu Pendidikan Islam, Semarang, Tirta Insani, 1999.
Langgulung, Hasan, Manusia dan Pendidikan; Suatu Analisa Psikologi dan Pendidikan, Jakarta: Pustaka al-Husna, 1986.
Luthans, Fred, Organizational Behavior, International Edition, New York: McGraw-Hill Companies, Inc., 2008.
M.Chan, Sam, Kebijakan Pendidikan Era Otonomi Daerah, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.
Madjid, Nurcholis, Bilik-bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan, Jakarta: Paramadina, 1997.
Madrasah Menuju Modernisasi, Masyarakat Pendidikan Mp, Jakarta : INSEP, 01, 2002.
Magdalena, Corry, Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Kepemimpinan Transaksional Terhadap Kinerja Karyawan
Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening, Human Falah, 3. 2016 : 122.
Marginingsih, Ria, Kepemimpinan Karismatik Sebagai Employer Branding, Jurnal Bisnis Darmajaya, 02. 2016.
Marimba, Ahmad D, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung : Al-Ma’arif 1989.
Marno, Suppriyatno, Triyo, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam, Bandung: Refika Aditma, 2008.
Marno, Suppriyatno, Triyo, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam, Bandung: Refika Aditma, 2008.
Martayo, Susilo, Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: BPPFE, 1980.
Masyur, Kahar, Membina Moral dan Akhlak, Jakarta:PT Rineka Cipta. 1994.
Mohammad, Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2010.
Muhaimin, Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam, Jakarta : Rajawali Pers, 2011.
Mujib, Abdul dan Mudzakkir, Jusuf, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2006.
Mulyadi. Akuntansi Manajemen : Konsep, Manfaat dan Rekayasa, Edisi Ketiga., Jakarta: Salemba Empat,2001.
Mulyasa , E, Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rasindo, 2002.
Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi , Bandung : Remaja Rosda Karya ,2004.
Munijaya, Manajemen Strategi dan Organisasi Pemasaran Publik, Semarang, Rimpress, 2004.
Muslich, Masnur, Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.
Muslihusah dan Wijdan, Adi, Pendidikan Islam dalam Peradaban Industrial, Yogyakarta: PT.Aditya Medya, 1997.
Mustafa Azami, Muhammad, Studies in Hadith Methodology and Literature, Indianapolis, Indiana: American Trust Publications, 1992.
Nasir, Ridwan , Mencari Tipologi Format Pendidikan Islam Ideal Pondok Pesantren di Tengah Arus Perubahan, Yogyakarta : pustaka pelajar, 2005.
Nasution, Sejarah pendidikan Indonesia, Bandung : Jemmars, 1983.
Nata, Abuddin, Akhlak Tasawuf ̧ Jakarta: PT Raja Grapindo Persada,2006.
Nata, Abuddin, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Prenada Media Group, 2012.
Nawawi, Hadari, Manajemen Sumber Daya Manusia: Untuk Bisnis Yang Kompetitif, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2011.
Nawawi, Hadari, Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas Sebagai Lembaga Pendidikan, Jakarta : Haji Masagung, 1981.
Nawawi, HM, Interpreatsi Hati dan Manajemen Tugas Kekholifahan Manusia, Bandung, Pustaka, 2012.
Nizar, Samsul, Pengantar Dasar-Dasar Pemikiran Pendidikan Islam, Jakarta:Gaya Gramedia Pratama, 2001.
Noer Ali, Hary, Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: Griya Santri, 2012.
Noer Aly, Hery dan Muzier, Watak Pendidikan Islam, Jakarta: Friska Agung Insani, 2003.
Noer Aly, Hery, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta:Logos Wacana Ilmu, 1999.
Nu’man, Ihsan, Pendidikan Islam antara Teori dan Praktek, Jakarta,Bisma Permana, 2000.
Nugroho, Rian, Kebijakan Pendidikan Yang Unggul, Yogyakarta :Pustaka Pelajar, 2008.
Nuraida, Prinsip-prinsip Manajemen dan Pelaksanaanya, Surabaya,ilmapress,2008.
Peter G, Northouse. Kepemimpinan : Teori dan Praktik, Jakarta : PTIndeks. 2013.
Press, Joseph and Goh, Thomas, Leadership, Disrupted How toPrepare Yourself to Lead in a Disruptive World, Washington , Center for Creative Leadership, 2018.
Putra Daulay, Haidar, Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.
Putra Dauly, Haidar, Sejarah Pertumbuhan dan PembaharuanPendidikan Islam di Indonesia, Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2007.
Qori, Hurin In Amalia, Kepemiminan Karismatik Versus Kepemimpinan Transformasional, Jurnal Analisa, 1. 2010
R. F, Dalimunthe, Keterkaitan Antar Penelitian dengan Pendidikan dan Pengemangan Ilmu Manajemen. available (http://repository.usumanajemen-ritha.pdf. dikases pada tanggal 1 Maret 2020.
Rahman, Aulia, Muhammad, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Intermasa. 2002.
Rahman, Musthofa, Pendidikan Islam dalam Perspektif Alquran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2001.
Rahman,dkk. Actuating dalam Manajemen Sumber Daya Manusia, Lampung: Universitas Negeri Lampung) , 2011.
Rasyid Ridha, Al-Sayyid Muhammad, Tafsir al-Qur’an al Hakim al Manar, Beirut :Dar al-Maarif,tth.
Razak, Nasruddin, Dienul Islam : Penafsiran Kembali Islam Sebagai Suatu Aqidah dan Way of Life, Bandung: Al Ma’arif, 1989.
Rembangy, Musthofa, Pendidikan Transformatif: Pergulatan Kritis Merumuskan Pendidikan di Tengah Pusaran Arus Globalisasi, Yogyakarta: Teras, 2010.
Rifa’I, Muhammad, Politik Pendidikan Nasional, Jogjakarta, Ar-Ruzz Kewirausahaan, vol. 4, no 41 - 55. April, 2004.
Safaria, Triantoro.. Kepemimpinan, Yogyakarta : Graha Ilmu, 2004.
Sahana, Nurul, Teori Tranformasional Kepemimpinan Pendidikan Islam, Jurnal Ilmiah Iqra’, 12, 2018, 77-87.
Sahrodi, Jamali, Membedah Nalar Pendidikan Islam, Pengantar Ke Arah Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Rihlah Group, 2005.
Satori, Djam’an, Peinsip-prinsip Manajemen Pendidikan, Bandung, Ummadafiqa, 2004.
Sekretariat Jendral MRP RI, Panduan UUD 1945 dan Ketetapan MPR RI, 2012.
Sihotang, Kasdin, Urgensi Pemimpin Transformatif, Jakarta, Pembaharuan jawara, 2002.
Subhan, Arief, Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia Abad 20, Jakarta : Kencana ,2012.
Sule, Tisnawati, Ernie, dkk, Pengantar Manajemen, Jakarta: Kencana Penada Media Group, 2010.
Sulistyorini, Esensi Manajemen Pendidikan Isalam; Pengelolaan Lembaga Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam, Yogyakarta: Istana Agency, 2012.
Sulistyorini, Manajemen Pendidikan Islam Konsep Strategi dan Aplikasi , Yogyakarta, Teras, 2009.
Suparman, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Guru, Ponorogo, Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia, 2019.
Sutisna, Oteng , Administrasi Pendidikan Dasar Teoritis untuk Praktek Profesional, Cet.1, Bandung: Angkasa, 1983.
Syafaruddin & Nurmawati, Pengelolaan Pendidikan Mengembangkan Keterampilan Manajemen Pendidikan Menuju Sekolah Efektif, Medan: perdana Publishing, 2011.
Syafaruddin, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, Cet.1 Jakarta: Ciputat Press, 2005.
Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Ramaja Rosdakarya, 1992.
Taimiyah, Ibnu, Etika Beramar Ma’ruf Nahi Munkar, Penj. Abu
fahmi, Jakarta, Gema Insani Press, 1995.
Tanthowi, Jawahir, Unsur-unsur Manajemen Menurut Ajaran Al- Qur'an, Jakarta: Pustaka al-Husna,1983.
Thoha, Miftah, Kepemimpinan Dalam Manajemen, Jakarta, Raja Grafindo Persada. 2003.
Thoha, Miftah, Kepemimpinan dalam Manajemen, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995.
Tim Dosen Administrasi Pendidikan UI, Manajemen Pendidikan, Bandung: Al-Fabeta, 2009.
Tolchah, Moch, Dinamika Pendidikan Islam Pasca Orde Baru di Indonesia, Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press.
Uhbiyati, Nur, Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia, 1996.
Ulinnuha, Nur Raisah, Karakteristik Kepemimpinan Pendidikan Islam, TARLIM : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 02, 2019, 141- 152.
Undang - Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 2 tahun 1989, Tentang Sistem Pendidikan Nasional Beserta Penjelasanya, tp, 1989.
Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung : Citra Umbara,, tt 16. Van Bruinessen, Martin, Kitab Kuning,Pesantren Dan Tarekat, Bandung : Mizan ,1995.
Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah; Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta : PT. RadjaGrafindo Persada, 2002.
Wayne, Pace, R., Faules, Don F, Komunikasi Organisasi; Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan, Bandung PT. Remaja Rosdakarya, 1993.
Wheelen, L, Thomas., Hunger, David, J, Strategic Management and Business Policy Achieving Sustainability. Twelfth Edition, Pearson. 2010 : 105.
Widjaya, Allah, Perencanaan sebagai Fungsi Manajemen, Jakarta: Bina Aksara, 1987.
Wijayanto, Dian, Menggagas Konsep Organisasi Modern di Era Milenial, Jakarta, Insani bakti, 2017.
Winardi, Asas-asas Manajemen, Bandung: Penerbit Alumni, 1983.
Y, Trianasari, Hubungan Antar Persepsi Terhadap Insentif dan Lingkungan Kerja dengan Loyalitas Kerja, Surakarta : Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2005.
Ya'qub, Hamjah, Menuju Keberhasilan Manajemen dan Kepemimpinan, Surabaya : Usaha Nasional, 2001.
YukI, Gary, leadership in Organization, University at Albany, State University of new York,2010.
Yukl , Gery, Leadership in Organization, Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall, 1994.
Yukl, A, Gary, Leadership In Organization, USA : Prentice-all International, Inc. 1990.
Yukl, Gery, Leadership in Organization, Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall, 1994.
Yuslem, Nawir, Ulumul Hadis, Jakarta: PT. Mutiara Sumber Widya, 2001.
Zuhdi, Muhammad Harfin, Konsep Kepemimpinan Dalam Perspektif Islam, AKADEMIKA, 19, 2014.
Copyright (c) 2020 Istikomah, Budi Haryanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the Umsida Press right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this platform.