Supervisi Pendidikan Islam
Abstract
Puja dan Puji syukur kehadirat Allah SWT, atas segala hidayah dan ilmu-Nya sehingga Buku Ajar Mata Kuliah Supervisi Pendidikan Islam dapat diselesaikan dengan baik meskipun perlu penyempurnaan lebih lanjut. Sholawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada junjungan Rasulullah Muhammad SAW. Buku Ajar Supervisi Pendidikan Islam membahas wilayah kajian dan objek kajian ilmu pengetahuan beserta paradigma kajiannya tidak dapat dipisahkan dari pandangan filsafat terhadap ilmu pengetahuan itu sendiri. Buku ajar Supervisi Pendidikan Islam ini dikhususkan untuk pegangan Mahasiswa S2 MPI (Magister Manajemen Pendidikan Islam) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Mata kuliah prasarat yang harus diselesaikan sebelum mahasiswa melaksanakan ujian tesis.
Downloads
Metrics
References
Abdul Aziz Wahab,2008. Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan: Telaah terhadap Organisasi dan Pengelolaan Organisasi Pendidikan, bandung: Alfabeta
Ali Imron, 2012. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara
Arkdon, 2009. Strategic Management: For Educational Managemen, Bandung: Alfabeta
Dewi Hanggraeni, 2011. Perilaku Organisasi Teori, Kasus dan Analisis, Jakarta: Lembaga Penerbit FEUI
Dewi Hangraeni, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Lembaga Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia GBHN Tap MPR No. IV/ MPR/ 1999, Bagian Pendidikan, Jakarta : Sinar Grafika, 2002
Hadari Nawawi, 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia:Untuk Bisnis yang Kompetitif, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Hendyat Soetopo dan Waty Soemanto, 1984. Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, Malang: Bina Aksara.
Herabuddin. 2009, Administrasi dan Supervisi Pendidikan,Bandung : CV. Pusaka Setia
Imran, Ali. 2012, Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan, jakarta: PT Bumi Aksara
James J. Jones & Donal L. Walters, 2008. Human Resource Management in Education, Yogyakarta: Q-Media
Kaswan, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Keunggulan Bersaing Organisasi, Yogyakarta: Graha Ilmu
Kaswan, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Keunggulan Bersaing Organisasi, Yogyakarta: Graha Ilmu
M. Ngalim Purwanto., 1986. Prinsip-prinsip dan Tehnik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Karya Mardapi, Djemari (2003). Desain Penilaian dan Pembelajaran Mahasiswa. Makalah Disajikan dalam Lokakarya Sistem Penjaminan Mutu Proses Pembelajaran tanggal 19 Juni 2003 di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Infrmasi dan Komunikasi, Bandung: Alfabeta.
Muslim, Sri Banun. 2010, Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru, Jakarta : CV Alfabeta, IKAPI
Noni, Nurdin. (tt). Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. (Online). Tersedia: http://blo.unm.ac.id/nurdinnoni/files/2010/04/Modul-1pdf
Pidarta, Made, 2004, Pemikiran tentang Supervisi Pendidikan, Jakarta: Bina Aksara.
Piet A. Sahertian, 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta Pedoman Pengembangan Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Depag RI, Jakarta, 2003
Sondang Siagian, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara.
Umaedi, 2002. Pedoman Tata Krama dan Tata Tertib Kehidupan Sosial Sekolah bagi SLT. Jakarta
Wibowo, 2008. Manajemen Perubahan, (Jakarta: Rajawali Press, 2008), h. 331-332
Daryanto, Adminitrasi Pendidikan, PT Rineka Cipta: Jakarta 2005, cet- 3
Suhardan, Dadang. 2006, Supevisi Bantuan Profesional, Bandung : Mutiara Ilmu
Muhaimin. 2012,Paradigma Pendidikan Islam, bandung: PT Remaja Rosda Karya
Wahyudi. 2012, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization), Bandung: CV. Alfabeta
http://farkhanbanget.weebly.com/6/post/2014/03/pendekatan-supervisi-pendidikan.html
http://perahujagad.blogspot.com/2014/10/tujuan-prinsip-model-pendekatan-dan.html
Sahertian, Piet A. 2000, Kosep Dasar dan Teknik Supervisi
Pendidikan ; Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia.Jakarta : PT. Rineka Cipta
Copyright (c) 2022 Taufik Churahman, Hidayatullah, Istikomah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the Umsida Press right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this platform.