Buku Hasil Integrasi Nilai Islam melalui Lagu pada Pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Communicative Language Teaching (CLT)

Main Article Content

Fika Megawati
Sheila Agustina
Fitria Wulandari
Nada Salsabila
Saffana Salsabila

Abstract

Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga buku hasil penelitian luaran Hibah Riset Nasional Muhammadiyah Batch VII Tahun 2024 Nomor: 0258.314/I.3/D/2024 dapat terselesaikan dengan baik. Buku ini hadir sebagai upaya untuk menggabungkan pendidikan bahasa dengan nilai-nilai keagamaan, khususnya melalui penggunaan lagu-lagu Islami dalam pembelajaran bahasa Inggris. Pembelajaran bahasa Inggris dengan pendekatan Communicative Language Teaching (CLT) telah terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa. Melalui pendekatan ini, siswa diajak untuk aktif berpartisipasi dalam proses belajar mengajar, mengembangkan keterampilan berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis dalam konteks yang bermakna. Integrasi lagu-lagu Islami dalam pendekatan ini tidak hanya membantu siswa memahami dan menggunakan bahasa Inggris, tetapi juga menanamkan nilai-nilai moral dan spiritual yang penting. Kami berharap buku hasil luaran penelitian ini dapat menjadi referensi yang bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi pembaca dalam mengembangkan metode pengajaran yang efektif dan bermakna.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Megawati, F., Agustina, S., Wulandari, F., Salsabila, N., & Salsabila, S. (2024). Buku Hasil Integrasi Nilai Islam melalui Lagu pada Pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Communicative Language Teaching (CLT). Umsida Press, 1 - 111. Retrieved from https://press.umsida.ac.id/index.php/umsidapress/article/view/1468
Issue
Section
Buku Referensi

References

Alfian, A., Yusuf, M., & Nafiah, U. (2021). Integrating
Islamic Values in Teaching English: Lessons Learned
from an Integrated Islamic School. Elsya : Journal of
English Language Studies, 4(1), 1–11.
https://doi.org/10.31849/elsya.v4i1.7322
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using Thematic Analysis in
Psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2),
77–101.
https://doi.org/https://doi.org/10.1191/1478088706qp063
oa
Farrell, Thomas, S. C. (2012). Novice-Service Language
Teacher Development: Bridging the Gap Between
Preservice and In-Service Education and Development.
TESOL Quarterly, 46(3), 435–449.
https://doi.org/https://doi.org/10.1002/tesq
Majumdar, A. (2022). Thematic Analysis in Qualitative
Research. Research Anthology on Innovative Research
Methodologies and Utilization Across Multiple
Disciplines, 604–622. https://doi.org/10.4018/978-1-
6684-3881-7.ch031
Rohmana, W. I. M. (2020). Immersing Islamic Value in
English Language Teaching: A Challenge for English
Teachers. Scope : Journal of English Language
Teaching, 5(1), 47.
https://doi.org/10.30998/scope.v5i1.6404

116
Sholeh, M. B., Ahsin, N., Alany, Z., & Fatimah, F. (2022).
The Integration of Religious Moderation Values in
English Language Teaching in Madrasah. Proceedings
of the International Conference on Madrasah Reform
2021 (ICMR 2021), 633(Icmr 2021), 178–185.
https://doi.org/10.2991/assehr.k.220104.027
Suhud, W. (2018). an Analysis of the Integration of the
Islamic Values. Ar-Raniry State Islamic University
Darussalam.

Most read articles by the same author(s)