Buku Ajar Pendekatan dan Metode Pembelajaran di SD
Abstract
Puji Syukur kami Panjatkan kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan karunia-
Nya Buku “Strategi Pembelajaran di SD” dapat terselesaikan dengan baik
tanpa halangan. Buku ini hadir sebagai panduan praktis dalam mendalami
berbagai strategi pembelajaran di jenjang Sekolah Dasar.
Pada buku ini terdapat 3 pokok pembahasan antara lain:
1. Teknik Pembelajaran
2. Metode Pembelajaran
3. Keterampilan Dasar Mengajar
Pokok pembahasan tersebut relevan dengan kebutuhan proses pembelajaran
pada abad ke-21. Buku ini juga dapat digunakan sebagai acuan bagi
mahasiswa untuk mempelajari dan memahami berbagai macam teknik
pembelajaran, metode pembelajaran, dan mendalami keterampilan dasar
dalam mengajar. Penulis berharap buku ini dapat menjadi referensi dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya di Sekolah Dasar.
Penulis menyadari bahwa buku ini masih jauh dari kesempurnaan, maka
dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca agar buku
“Strategi Pembelajaran di SD” semakin meningkat dan berkualitas.
Downloads
Metrics
References
Atwi Suoarman ,(2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor:Ghalia Indonesia.
Borg & Gall..(2009). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif. New York: MacMilllan Publishing Company
C. Asri Budiningsih .(2010). Pendekatan Communication And Collaboration . Jakarta: Universitas Indonesia.
Cucu Suhana (2014). Guru Profesional: Untuk Pendidikan Bermutu. Bandung: Geografi Edu.
Djhiri, Dasim budimansyah dan supriya .(2013). Kurikulum Berserta Model dan Pengajaran nya di SD, Jakarta: Bumi Aksara.
Frank Bobbit. (2017). Media Pendidikan dan Pengajaran Inovatif dalam Era Merdeka Belajar. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi. Jakarta: Universitas Indonesia.
Geralach & Ely .(1998). Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Bandung: Adicita Karya Nusa. Jackson, Philip W. (1991). Handbook of Research on Curriculum. New York: MacMilllan Publishing Company.
Jurnal Online Lentera pendidikan Setyawan Budi : (2017) dengan judul ”Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Di Era Distrubsi Budaya Dan Gadget”, Volume II Tahun 2016.
Mantja, W. (2015). Media innovative berbasis eksploding boks berbasis saintyfic. Malang: Elang Mas. Mastiono. (2016). Tematik di SD tantangan dan inovasi di era Multidimensi. Surakarta: Fairuz Media. Miles, M B dan
Huberman, A. (2010). Blanded Clasroom di Era Pembelajaran Digital. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi. Jakarta: Universitas Indonesia.
Miles, M B dan Huberman, A. (2010). Kemampuan Berfikir Kritis Pada Anak Usia Sekolah Dasar . Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi. Jakarta: Universitas Indonesia.
Mulyasa. (2014). Kurikulum 13: Konsep, Karakteristik dan Implementasi, Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.
Nana Sujana, (2005), Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum Berkarakter Literasi di Sekolah, Jakarta : Sinar Baru Algensindo.
Norris and Ennis ,(2007). Inovation Curriculum: Reading for Developing Quality Educational Programs. (Ninth
Edition). Boston: Pearson.
Plomp, Khabibah, (2006) Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya . Rohman, Muhammad. (2012). Kurikulum Berkarakter Berbasis Critical Thinking. Jakarta:Prestasi Pustakarya.
Suhardan, D. (2009). Manejemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta Sutama. 2010.
Copyright (c) 2024 Feri Tirtoni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the Umsida Press right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this platform.