Buku Ajar Pendekatan dan Metode Pembelajaran di SD
Abstract
Puji Syukur kami Panjatkan kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan karunia-
Nya Buku “Strategi Pembelajaran di SD” dapat terselesaikan dengan baik
tanpa halangan. Buku ini hadir sebagai panduan praktis dalam mendalami
berbagai strategi pembelajaran di jenjang Sekolah Dasar.
Pada buku ini terdapat 3 pokok pembahasan antara lain:
1. Teknik Pembelajaran
2. Metode Pembelajaran
3. Keterampilan Dasar Mengajar
Pokok pembahasan tersebut relevan dengan kebutuhan proses pembelajaran
pada abad ke-21. Buku ini juga dapat digunakan sebagai acuan bagi
mahasiswa untuk mempelajari dan memahami berbagai macam teknik
pembelajaran, metode pembelajaran, dan mendalami keterampilan dasar
dalam mengajar. Penulis berharap buku ini dapat menjadi referensi dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya di Sekolah Dasar.
Penulis menyadari bahwa buku ini masih jauh dari kesempurnaan, maka
dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca agar buku
“Strategi Pembelajaran di SD” semakin meningkat dan berkualitas.
Downloads
References
Indonesia.
Borg & Gall..(2009). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif.
New York: MacMilllan Publishing Company
104
C. Asri Budiningsih .(2010). Pendekatan Communication And
Collaboration . Jakarta: Universitas Indonesia.
Cucu Suhana (2014). Guru Profesional: Untuk Pendidikan Bermutu.
Bandung: Geografi Edu.
Djhiri, Dasim budimansyah dan supriya .(2013). Kurikulum Berserta
Model dan Pengajaran nya di SD, Jakarta: Bumi Aksara.
Frank Bobbit. (2017). Media Pendidikan dan Pengajaran Inovatif dalam
Era Merdeka Belajar. Terjemahan Tjetjep Rohendi
Rohisi. Jakarta: Universitas Indonesia.
Geralach & Ely .(1998). Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Bandung:
Adicita Karya Nusa. Jackson, Philip W. (1991). Handbook of Research
on Curriculum. New York: MacMilllan
Publishing Company.
Jurnal Online Lentera pendidikan Setyawan Budi : (2017) dengan judul
”Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Di Era
Distrubsi Budaya Dan Gadget”, Volume II Tahun 2016.
Mantja, W. (2015). Media innovative berbasis eksploding boks berbasis
saintyfic. Malang: Elang Mas. Mastiono. (2016). Tematik di SD tantangan dan
inovasi di era Multidimensi. Surakarta: Fairuz Media. Miles, M B dan
Huberman, A. (2010). Blanded Clasroom di Era Pembelajaran Digital.
Terjemahan
105
Tjetjep Rohendi Rohisi. Jakarta: Universitas Indonesia.
Miles, M B dan Huberman, A. (2010). Kemampuan Berfikir Kritis Pada Anak
Usia Sekolah Dasar .
Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi. Jakarta: Universitas Indonesia.
Mulyasa. (2014). Kurikulum 13: Konsep, Karakteristik dan Implementasi,
Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.
Nana Sujana, (2005), Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum Berkarakter
Literasi di Sekolah, Jakarta : Sinar Baru Algensindo.
Norris and Ennis ,(2007). Inovation Curriculum: Reading for Developing
Quality Educational Programs. (Ninth Edition). Boston: Pearson.
Plomp, Khabibah, (2006) Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT.
Remaja Rosda Karya . Rohman, Muhammad. (2012). Kurikulum Berkarakter
Berbasis Critical Thinking. Jakarta:Prestasi
Pustakarya.
Suhardan, D. (2009). Manejemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta Sutama.
2010.
Copyright (c) 2024 Feri Tirtoni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the Umsida Press right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this platform.