Buku Ajar Etika Bisnis Dan Profesi

Main Article Content

Sigit Hermawan
Nur Ravita Hanun

Abstract

Segala puji penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala rahmat, taufiq dan hidayah-Nya atas karunia masa lalu, saat ini, dan akan datang serta atas tersusunnya buku “ETIKA BISNIS DAN PROFESI” ini. Buku ini disusun dengan maksud untuk memberikan referensi pada matakuliah “ETIKA BISNIS DAN PROFESI”. Matakuliah ini termasuk baru dibanding dengan matakuliah akuntansi lainnya yang ada di kurikulum Program Studi Akuntansi. Oleh karena itu belum banyak buku etika bisnis dan profesi yang dapat diacu oleh dosen dan mahasiswa akuntansi.. Buku ETIKA BISNIS DAN PROFESI ini akan terdiri dari dua bagian, yakni etika bisnis secara umum dan etika profesi akuntan. Dengan demikian, proses pembelajaran yang dilakukan akan terdiri dari dua bagian penting, yakni sebelum Ujian Tengah Semester (UTS) berisi tentang etika bisnis secara umum dan setelah UTS akan berisi tentang etika profesi di bidang akuntansi. Buku ini terdiri dari Sembilan bab, yang dapat diberikan dalam 14 kali pertemuan karena ada beberapa bab yang cukup berat pembahasannya sehingga harus diberikan dalam dua kali sesi pertemuan. Pada setiap bab di buku ini akan terdiri dari pendahuluan, capaian pembelajaran, materi yang terdiri dari sub bab, dan rangkuman.Penulis berharap semoga buku ini dapat bermanfaat bagi para mahasiswa dan pembaca pada umumnya. Penulis menerima kritik dan saran yang akan lebih menyempurnakan buku ini. Ucapan terima kasih yang tulus penulis sampaikan kepada rekan-rekan kami yang telah memberikan inspirasi, rekan sesama tenaga pengajar, para mahasiswa, guru dan dosen kami, serta Penerbit UMSIDA Press yang bersedia menerbitkan buku ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Hermawan, S., & Hanun, N. R. (2021). Buku Ajar Etika Bisnis Dan Profesi. Umsida Press, 1-129. https://doi.org/10.21070/2018/978-602-5914-33-1
Issue
Section
Buku Ajar

References

Brooks J. Leonard. 2000. Business Professional Ethics for Accountant. Canada South-West Publishing.
Buchari Alma. 2009. Pengantar Bisnis. CV Alfabeta. Bandung
Emil Bachtiar. 2012. Kasus-Kasus Etika Bisnis dan Profesi. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Ikatan Akuntan Indonesia. 2015. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Ikatan Akuntan Indonesia. 2015. Standar Profesional Akuntan Publik. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Irham Fahmi. 2013. Etika Bisnis. Teori, Kasus, dan Solusi. Penerbit CV Alfabeta. Bandung.
Manuel G. Velasque. 2005. Etika Bisnis, Konsep dan Kasus. Edisi 5. Penerbit Andi. Yogyakarta
Maurice Jack. 1996. Accounting Ethics. London: Ptiman Publishing.
O.P Simorangkir. 2003. Etika Bisnis, Jabatan, dan Perbankan. PT Rineka Cipta. Jakarta.
Sony Keraf. 1998. Etika Bisnis, Tuntutan dan Relevansinya, Jakarta: Pustaka Filsafat.
Sukrisno Agoes dan I Cenik Ardana. 2009. Etika Bisnis dan Profesi. Tantangan Membangun Manusia Seutuhnya. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>