Buku Ajar MINIBANK
Abstract
Penulis mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, dengan kesempatan ini kami dapat menyelesaikan penulisan buku Minibank, buku ini terdiri atas 7 bab yang berisi:
Bab 1 Customer Service Dalam bab 1 ini dijelaskan tentang bagaimana customer service dapat melayani nasabah atau debitur dengan baik Bab 2 Admin Deposito dan Tabungan Dalam bab 2 ini dijelaskan tentang macam-macam aksesoris tabungan dan deposito dan bagaimana seorang pegawai melayani nasabah Bab 3 Back Office Kredit Dalam bab 3 ini dijelaskan tentang aksesoris kredit, syarat kredit dan komponen 5c dalam analisis pemberian kredit oleh back office legal kredit Bab 4 Teller Dalam bab 4 ini dijelaskan tentang bagaimana teller melayani setoran dan penarikan serta pembayaran serta penyetoran dan penarikan bilyet deposito dan tabungan. Bab 5 Accounting Dalam bab 5 ini kita akan mempelajari bagaimana seorang Acounting menyusun laporan keuangan dan kegiatan posting. Bab 6 Administrator/kepala operasional Dalam bab 6 ini kita akan mempelajari bagaimana seorang administrator mensetting pembukaan harian, data master dan menginput marketing di data sistem perbankan. Bab 7 Pimpinan Bank Dalam bab 7 ini kita akan mempelajari peran dan fungsi komisaris, direktur utama dan direktur kepatuhan.
Downloads
Metrics
References
Abdullah, T., & Wahjusaputri, S. (2018). Bank & Lembaga Keuangan. Anbri, A.(2010). Pengaruh Gaya kepemimpinan dan Lingkungan KerjaTerhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Central Asia, Tbk KCP Pulo BrayanMedan.
Andrianto, Fatihudin, D; Frimansyah., M. A. (2019). Manajemen Bank. 1– 456.
Anisa, R. (2016). Manajemen Kerelasian Pelanggan Dalam Menciptakan Kepercayaan Pelanggan Pada Commercial Banking Center Bandung Pt. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(1), 45–46. https://doi.org/10.24198/jkk.vol4n1.4
Afrita, Y. and O. (2018). Mekanisme Perhitungan Laba Pada Layanan Bank Garansi Syariahpada PT. Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh.
Agustin, A. P. (2017). Prosedur Pembiayaan Gadai Emas Syariah pada PT. BPRS Saka Dana Mulia kudus.
Amato, A. D., & Gallo, A. (2019). Bank institutional setting and risk-taking : the missing role of directors ’ education and turnover. 19(4), 774–805. https://doi.org/10.1108/CG-01 2019- 0013
Basuki, K. (2019a). Laporan Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang. ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 62–63.
Basuki, K. (2019b). 済無No Title No Title. ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689– 1699.
Bookrev. (2016a). Data Master Deposito. Bookrev Premium Wordpress Theme. http://103.234.254.186/tutorial/index.php/2016/11/04/data- master-deposito/
Bookrev. (2016b). Data Master Tabungan - Tutorial. Bookrev Premium Wordpress Theme. http://103.234.254.186/tutorial/index.php/2016/11/03/data- master- tabungan/ bphn.go.id. (1998). Undang-Undang Republik Indonesia No. 10 Tahun 1998 Tentang Perbankan. Lembaran Negara Republik Indonesia, 182. http://www.bphn.go.id/data/documents/98uu010.pdf
Data Master Deposito – Tutorial. (n.d.). Retrieved April 29, 2021, from http://103.234.254.186/tutorial/index.php/2016/11/04/data-master-deposito/
Data Master Tabungan – Tutorial. (n.d.). Retrieved April 29, 2021, from http://103.234.254.186/tutorial/index.php/2016/11/03/data-master-tabungan/
Fathimah, V. (2017). Pengaruh Perkembangan Jumlah Tabungan, Deposito dan Bagi Hasil terhadap Jumlah Pembiayaan yang Diberikan oleh Perbankan Syariah di Sumatera Utara.Jurnal Ilman, 5(1), 41–52.
Febriana Louise Purba. (2010). Pengaruh Pengawasan Terhadap Disiplin Kerja Karyawan Pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Pijer Podi Kekelengen Desa Sukamakmur Kecamatan Sibolangit. https://library.usu.ac.id
Fitria. (2013). Analisis Hukum Terhadap Peranan Dan Tanggung Jawab Komisaris Independen Dalam Perseroan Terbuka. Journal of Chemical Information and Modelling, 53(9), 1689-1699.
Fehlayati, I. F. (2019). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SUBSISTEM BACK OFFICE BAGIAN PENGELOLAAN MENU DAN HALAMAN DINAMIS MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER (STUDI KASUS: PT.SOLUSI KAMPUS INDONESIA) IVA FARADILLA F, Anindita Suryarasmi, S.Kom., M.Cs.
Feizal, M. (2018). Analisa dan Pengembangan Aplikasi Sentralisasi Kas Cash Deposit Machine. 1(1), 31–36.
Fernandes, Y. D., & Marlius, D. (2018). PERANAN CUSTOMER SERVICE DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA NASABAH PADA PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH SUMATERA BARAT CABANG UTAMA PADANG. https://doi.org/10.31227/osf.io/wrh3p
fernos, jhon. (2019). Peranan Customer Service Dalam Meningkatkan Pelayanan Terhadap Nasabah Pada Bank Nagari Cabang Siteba Padang. 1–8. https://doi.org/10.31227/osf.io/cq458
Gunadi, I. M. R. dan I. G. A. A. A. K. (2007). Tanggung Jawab Anggota Dewan Komisaris Dalam Perseroan Atas Kelalaian Melaksanakan Tugas Pengawasan. Kertha Semaya: Journal Ilmu Hukum, 5(1), 1–5.
Hari, P. (2015). Penentuan Beban Kerja Pada Front Office Dan Back Office Perusahaan Perbankan Menggunakan Uji Petik Pekerjaan. Journal of Industrial Technology, 1(2006), 179–185.
Hidayati, N. (2017). Pengaruh Masa Jabatan Direktur Utama, Direksi Asing, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Administrative Expense Ratio, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek in. Jurnal Profita, 2(1), 1–15.
Indrajani, I. (2015). Master Data Management Model in Company: Challenges and Opportunity. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 6(4), 514. https://doi.org/10.21512/comtech.v6i4.2179
Industri, L. B., Office, F., Operations, B. O., Office, F., Teller, S., & Teller, H. (n.d.). BAB I PENDAHULUAN. 1–2.
Kwalomine, A. L. (2017). Pengaruh Karakteristik Direktur Utama Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility ( CSR ) Studi Pada Perusahaan BUMN. Jurnal Riset Terapan Akuntansi, 1(1), 16–25.
Kardinal. (2016). Pengantar Akuntansi (Bahan Ajar). Pengantar Akuntansi ( Bahan Ajar ), 1, 71.http://eprints.mdp.ac.id/1917/1/PENGANTAR AKUNTANSI-KARDINAL12082016.pdf
Kutubi, S. S., Ahmed, K., & Khan, H. (2017). Paci fi c-Basin Finance Journal Bank performanceand risk-taking — Does directors ’ busyness matter ? Pacific-Basin Finance Journal, PACFIN-00912;, 16. https://doi.org/10.1016/j.pacfin.2017.02.002
Kurniati, Heny and Maulana, H. (2014). PERHITUNGAN BAGI HASIL DAN PENANGANAN PENCAIRAN DEPOSITO MUDHARABAH PADA BPR SYARIAH AMANAH UMMAH. Moneter : Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 2(1), 1–11.
Maharsi, S. (2000). Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Bidang Akuntansi Manajemen. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 2(2), 127–137. https://doi.org/10.9744/jak.2.2.pp.127-137
Muniroh, H. (2016). President Director Tenure and Earnings Management. Jurnal Akuntansi Indonesia, 5(2), 149. https://doi.org/10.30659/jai.5.2.149-162
Nurcahyo, W. D. (2017). LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA ( PERSERO ) Tbk KANTOR KAS PROYEK SENEN.
Noviari, N. (2007). Pengaruh Kemajuan Teknologi Informasi Terhadap Perkembangan Akuntansi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 2(1), 1– 14.
Nurul Ichsan. (2014). Pengantar Perbankan.
Pardede, A. M. H. (2018). Analisis Rasio Likuiditas Untuk Menilai Tingkat Kesehatan Laporan Keuangan Pt. Harapan Guna Sejahtera Medan. 6(1), 37–46. https://doi.org/10.31219/osf.io/pcf2n
Perbankan, B. M. (2019). Buku 1. Manajemen Perbankan. December. Rahmayuni, S. (2017). Peranan Laporan Keuangan dalam Menunjang Peningkatan Pendapatan Pada UKM. JSHP ( Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan), 1(1), 93. https://doi.org/10.32487/jshp.v1i1.239
Padmantyo, S. (2011). Analisis Manajemen Laba Pada Laporan Keuangan Perbankan Syariah (Studi Pada Bank Syariah Mandiri Dan Bank Muamalat Indonesia). Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 14(2), 46-70.
Ria, A. (2018). Analisis Penerapan Aplikasi Keuangan Berbasis Android. Sosio E-Kons, 10(3), 207–219. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/sosi_ekons
Rifai, B. (2009). Peran Komisaris Independen Dalam Mewujudkan Good Corporate Governance Di Perusahaan Publik. Jurnal Hukum Ius Quia Iustum, 16(3), 396–412. https://doi.org/10.20885/iustum.vol16.iss3.art5
Rusmawati, Y. D., & Ristyanadi, B. (n.d.). Analisis Pelayanan Cs ( Customer Service) Terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Danamon di Sukodadi Lamongan. 1092– 1100.
Sari, S. A. D. (2016). SISTEM INFORMASI DEPOSITO PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT ARTHA TANAH MAS (Vol. 53). Universitas Semarang.
Suwardjono. (2005). Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan. BPFE.
Systems, B. O. (n.d.). Integrating Back Office Systems with E-Commerce. Widiawati, A. (2010). Terhadap Perkembangan Kredit Pada Pt. Bank
Copyright (c) 2022 Sumartik, Misti Hariasih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the Umsida Press right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this platform.